Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Lela: Pariwisata Perlu Ditopang Ekonomi Kreatif

Anggota DPRD Kota Manado, Sonny Lela. (foto:ist)

MANADO – Legislatot Kota Manado, Sonny Lela menilai jika Pemerintah Kota (Pemkot) Manado serius mewujudkan daerah sebagai kota parawisata, perlu dikembangkan ekonomi kreatif.

“Ekonomi kreatif penting dikembangkan. Setidaknya ada dua sisi keuntungan dengan pengembangan kota pariwisata yaitu kunjungan wisatawan dan peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Sonny Lela kepada Manadoline.com, Jumat (19/7).

Menurutnya, sektor pariwisata jika tidak ditunjang dengan ekonomi kreatif sama saja menjalankan konsep setengah hati karena potensi untuk mengembangkan ekonomi kreatif sangat Besar.

Ekonomi kreatif dari masyarakat yang berada di wilayah destinasi wisata akan mampu menggerakkan pertumbuhan ekonomi dan terciptanya lapangan kerja baru.

“Saya mensupport Manado menuju kota parawisata dan sudah saatnya pariwisata unjuk gigi, tapi perlu dikelola dengan baik sehingga wisatawan yang datang merasakan betul keunggulan dari potensi wisata yang kita miliki,” tuturnya.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Manado ini menegaskan salah satu kelemahan besar dari sejumlah destinasi wisata daerah ini adalah soal cenderamata wisata. Karenanya, dirinya mendesak Pemkot perlu mendorong adanya pelatihan, bimbingan bagi masyarakat sehingga tercipta ekonomi kreatif.

Lela beranggapan ekonomi kreatif dan pariwisata merupakan dua sisi yang saling menguntungkan, termasuk membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Ada produk unggulan hasil kreatifitas masyarakat yang berlebel destinasi wisata daerah ini, layak dijual dan menjadi daya tarik bagi wisatawan, sehingga wisatawan tidak akan bosan-bosan untuk kembali berkunjung ke daerah kita,” jelasnya.

Politisi Golkar ini menambahkan, ada komoditas produk dari sejumlah destinasi wisata di daerah ini yang bisa dijadikan unggulan bagi pengembangan ekonomi kreatif sehingga perlu didorong menjadi konsep utama menuju kota parawisata. (ml)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020