Gerakan Tanam Kentang di Modoinding, Ini Kata Gubernur Olly

MANADOLINE– Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey fokus menjaga ketahanan pangan di daerahnya di tengah pandemi Covid-19.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menanam kentang saat gerakan tanam kentang sekaligus penyerahan bantuan pertanian kepada petani di Desa Pinasungkulan, Kecamatan Modoinding, Minsel, Rabu (19/8/2020) (foto:Ist)

Sebelumnya, Olly juga mencanangkan gerakan percepatan olah tanah, pemanfaatan lahan terlantar dan penanaman tanaman pangan di Sulut.

Bukti, pembangunan sektor pertanian dan perkebunan menjadi salah satu prioritas utama pemerintah melalui berbagai program dan kebijakan, guna mempertahankan dan memperkuat perekonomian daerah di tengah pandemi Covid-19.

Untuk itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri gerakan tanam kentang sekaligus penyerahan bantuan pertanian kepada petani di Desa Pinasungkulan, Kecamatan Modoinding, Kabupaten Minahasa Selatan, Rabu (19/8/2020).

Kegiatan gerakan tanam kentang dihadiri Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Wakil Bupati Minsel Franky Wongkar dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.

Nampak orang nomor satu di Sulut ini dengan cekatan menanam bibit kentang di lahan pertanian di Modoinding yang telah digemburkan sebelumnya.

Diketahui, daerah ideal untuk budidaya kentang adalah dataran tinggi yang memiliki ketinggian antara 1000-2000 mdpl serta suhu udara yang dingin antara 14-22 derajat celcius ideal untuk pertumbuhan umbi kentang.

“Sejak mulai adanya Covid ini saya mengajak seluruh masyarakat untuk kembali berkebun persiapkan lahan-lahan tidur yang ada,” kata Olly beberapa waktu lalu.

Diketahui, usai menanam kentang, Olly menyampaikan kabar baik soal rencana Pemprov Sulut membangun jalan di kawasan Modoinding sehingga memiliki nilai tambah sebagai destinasi wisata di Minsel.

“Nanti disini torang mo beking jalan hotmix, torang beking disini jalan lingkar ini. Bulan depan torang so mulai beking, supaya boleh jadi taman wisata,” katanya.

Lebih lanjut, masih di lokasi yang sama, Olly juga menjanjikan bantuan dana Pemprov Sulut untuk rumah ibadah.

“Minggu depan depe doi so dapa asal kase kamari depe surat-surat bilang pa pendeta,” tutup Olly.

(kan/*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020