GSVL Bawa Manado Peringkat 3 Kota Toleransi Dibanding 2019 Jelang Akhir Jabatan Wali Kota

MANADO – Jelang melepaskan masa jabatan Wali Kota Manado dua periode yang akan berakhir 9 Mei 2021 mendatang, GS Vicky Lumentut (GSVL) masih menorehkan prestasi untuk Kota Manado.

Ibu Kota provinsi Sulut ini meraih kota paling toleran selama tahun 2020. Kota Manado menempati posisi ketiga Indeks Kota Toleran (IKT) skala nasional.

Wali Kota GSVL membawa Manado di posisi ketiga dibanding tahun 2019 yang ditempati Kota Pematang Siantar dengan skor 6.200. Manado naik satu level dibanding tahun 2019 berada di posisi keempat. Untuk posisi pertama  IKT tahun 2020 diraih Kota Salatiga dengan skor 6.717, yang tahun 2019 berada di posisi kedua.

Sedangkan posisi kedua untuk tahun 2020 diraih Kota Singkawang dengan skor 6.450, yang tahun 2019 di posisi pertama. Penghargaan IKT 2020 diberikan SETARA Institute kepada Wali Kota GSVL, Kamis (25/2/2021) siang bertempat Ballroom Hotel Ashley, Jln. KH. Wahid Hasyim Jakarta Pusat.

“Puji Tuhan, kerja kolektif Pemerintah, rohaniawan dan rakyat kota Manado untuk pelihara hidup rukun, damai, toleran, tanpa bedakan suku, agama dan RAS di Manado sebagai rumah besar kita bersama. Hari ini kembali Kota Manado bersama Singkawang, Salatiga dan 7 kota lainnya mendapatkan penilaian sebagai kota dengan nilai toleransi tertinggi di lndonesia,” ucap GSVL.

SETARA Institute merupakan lembaga independen bekerjasama Kemendagri dan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menilai 94 kota dalam mempromosikan toleransi.

“Lembaga ini melakukan riset di 94 kota terhadap praktek-praktek  hidup dan regulasi terkait kebebasan beragama dan berkeyakinan di masyarakat. Terima kasih rakyatku Manado, dan mari torang terus jaga rumah besar Manado supaya tetap dihuni oleh warga yang cinta hidup rukun, aman dan damai. Salam sehat..!!” pesan GSVL. (ant)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020