IKLAN

GSVL Meroket Hasil Survey IPC, Ini 16 Nama Dinilai Layak Maju Pilwako Manado


GS Vicky Lumentut

GS Vicky Lumentut

MANADO—Mendominasi Bursa Balon Lembaga Survei dan Observasi Indenpenden, Indoresearch Public Care (IPC), Senin (9/3) kemarin, merilis hasil survei pra pilwako tahap pertama, program “Manado Mencari Pemimpin.“Data survei yang mengambil sampel  masing-masing tiga orang, dari 504 Lingkungan di 11 Kecamatan, se-Kota Manado, dengan total 1.512 responden, telah berhasil kami kumpulkan.

Selama tiga bulan sejak Desember 2014 hingga saat ini, sebanyak 38 Putra-putri Terbaik terjaring survei dan dinilai layak untuk maju dalam pertarungan merebut Top Eksekutif di Kota Manado,” ujar Stanly F. Mewengkang, Koordinator Regional Indoresearch Public Care (IPC) Sulawesi Utara didampingi Victory Ch. Manoppo, Koordinator Area Kota Manado.

Lebih lanjut dipaparkan, ada figur yang didorong maju oleh kepentingan elit-elit politik tertentu, ada juga termotivasi ditunjang para investor kelas atas. Bahkan, ada pula figur yang identik dengan haus jabatan atau kekuasaan.
Namun, oleh sejumlah kalangan juga menilai, ada beberapa figur yang benar-benar dipandang layak tampil, karena kemampuan intelektualnya yang visioner, berkepribadian yang baik, berjiwa sosial yang plularis dan telah teruji komitmen kerakyatannya, yang tercemin dalam kehidupannya sehari-hari.

Harus diakui figur GS. Vicky Lumentut (GSVL) dan Harley A.B. Mangindaan (HABM), masih familiar dan lebih dikenal dibanding nama-nama yang lain. Karena itu, wajar dalam survei kali ini Lumentut dan Mangindaan menempati urutan pertama dan kedua teratas. Sedangkan di urutan ketiga ditempati Jackson A.W. Kumaat (JAWK), disusul keempat Hanny J. Pajouw (HJP).
Kemudian kelima Jemmy Asiku (JA), keenam Ivan S.J. Sarundajang (IVANSA). Selanjutnya ketujuh Richard H. Sualang (RHS), posisi kedelapan Teddy Kumaat (TK), diikuti kesembilan Steven O. Kandouw (SOK). Kesepuluh Ayub A. Albugis (AAL), urutan kesebelas Djenri A. Keintjem (DJAK). Di posisi kedua belas Haefrey Sendoh (HS), ketiga belas Revani Parasan (RP), keempat belas Bobby Daud (BD). Kelima belas Arthur A. Kotambunan (AK) dan keenam belas Audy Ch. Lieke (ACL).

Nama-nama figur yang termasuk dalam 16 besar hasil survei ini, memperoleh respon publik di atas 1% atau diusulkan lebih dari 15 orang, dengan total 1.512 responden. Meskipun demikian, persaingan ketat bakal terjadi, karena figur Birokrat dan Akademisi sangat minim terjaring, sementara figur lainnya berlatar belakang Politisi dan Pengusaha Mendominasi Bursa Bakal Calon (Balon). Semua figur mempunyai peluang yang sama dalam meraih presentasi perolehan dukungan warga Kota Manado.

“Dalam survei tahap selanjutnya, kami akan mempublikasikan elektabilitas dari masing-masing figur tersebut, sesuai hasil survei Indoresearch Public Care (IPC),” tutur Mewengkang yang juga Ketua LSM PIJAR (Pioneer Jaringan Aspirasi Rakyat). Ditambahkan Direktur Riset dan Operasional IPC, DR. Afendy Andy Nugroho, Pilwako Manado berpeluang diikuti lima pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota.

Mengacu hasil perolehan kursi dan presentase suara Pemilu Legislatif 2014. “Kendaraan politik yang dapat menjadi tiket, sesuai prediksi kami, Partai Demokrat, PDI Perjuangan plus koalisi, Partai Golkar plus koalisi, Partai Gerindra plus koalisi, dan satu paket Independen.’’ Ujarnya. Sedangkan dari 38 figur yang terjaring, sesuai survei pemetaan politik, dipastikan hanya ada 16 nama yang bakal dilirik Partai Politik untuk diusung. “Baik menjadi Bakal Calon Walikota maupun Wakil Walikota Manado,” pungkasnya. (anto reppy)

Inilah 16 Besar Hasil Survei Pra Pilwako, “Manado Mencari Pemimpin”

1. G.S. Vicky Lumentut (GSVL) – Politisi
2. Harley A.B. Mangindaan (HABM) – Akademisi
3. Jackson A.W. Kumaat (JAWK) – Pengusaha
4. Hanny J. Pajouw (HJP) – Politisi
5. Jemmy Asiku (JA) – Pengusaha
6. Ivan S.J. Sarundajang (IVANSA) – Pengusaha
7. Richard H. Sualang (RHS) – Politisi
8. Teddy Kumaat (TK) – Politisi
9. Steven O. Kandouw (SOK) – Politisi
10. Ayub A. Albugis (AAL) – Politisi
11. Djenri A. Keintjem (Djak) – Politisi
12. Haefrey Sendoh (HS) – Birokrat
13. Revani Parasan (RP) – Politisi
14. Bobby Daud (BD) – Politisi
15. Arthur A. Kotambunan (AK) – Pengusaha
16. Audy C. Lieke (ACL) – Pengusaha

IKLAN
loading...