GSVL-MOR Diapresiasi Dirjen Otda dan Gubernur Olly, Sukses Datangkan Ribuan Pengunjung di Karnaval FisCo

Dirjen Otda Soni Sumarsono didampingi Gubernur Olly Dondokambey, Wagub Steven Kandouw, Walikota GSVL, Wawali Mor Bastiaan, dan para tamu khusus saat memukul Tetengkoren tanda dimulainya Karnaval FisCo Mando Fiesta 2017, Sabtu (2/9).

MANADO – Waktu yang ditunggu-tunggu oleh seantero masyarakat Kota Manado maupun para wisatawan, akhirnya tiba. Sabtu (2/9), berlokasi di Kelurahan Karang Ria, Kecamatan Tuminting, pergelaran Karnaval Manado Fiesta 2017 dipenuhi ribuan pengunjung yang terlihat sangat menikmati kemeriahan berbagai atraksi yang ditampilkan dalam pembukaan karnaval tersebut.

Terbilang sukses, Direktur Jendral (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Republik Indonesia Soni Sumarsono dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat membawakan sambutan, keduanya mengapresiasai pencapaian yang dibuktikan Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan, saat pelaksanaan iven Manado Fiesta dipenuhi pengunjung dan berlangsung meriah.

Dalam laporan Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat acara pembukaan karnaval Manado Fiesta 2017 mengatakan sehari sebelum pelaksanaan karnaval, sudah dilakukan pemeran lukisan maupun Cantac yang merupakan dari bagian Manado Fiesta. Dan pada Sabtu (2/9), karnaval Fish and Coral (FisCo) digelar yang diikuti 53 barisan kendaraan hias, yang melambangkan biota-biota laut, seperti ikan dan karang serta barisan lainnya yang tidak kalah seru dalam memeriahkan iven ini.

“Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandaow. Kedua orang ini sudah banyak memberikan dukungan hingga terselenggaranya manado fiesta 2017. Tidak lupa, dalam karnaval FisCo, ada sekira 53 barisan kendaraan hias yang ditambah barisan pejalan kaki, barisan berkuda hingga pesepeda. Saya harap kegiatan karnaval Manado Fiesta bisa memberikan warna tersendiri untuk Kota Manado,” ujar Walikota GSVL.

Walikota GSVL saat membawakan laporan penyelengaraan Manado Fiesta.

Lanjut dikatakan, untuk semua partisipasi mulai dari dukungan Dirjen Otda, Pemerintah Provinsi, DPRD Kota Manado, Pemerintah Kota Palu, Pemerintah Kota Jayapura, Polda Sulut, Konjen Philipina, Forkopimda Sulut dan Manado, BKASAUA dan FKUB, pelaku usaha, turis, tamu khusus, dan partisipan lainnya yang turut hadir dalam upaya memeriahkan Manado Fiesta, bersama jajaran Pemerintah Kota Manado mengucapkan banyak terima kasih sudah hadir meluangkan waktu menyaksikan kemeriahan Karnaval Manado Fiesta.

“Pada kesempatan ini saya mau katakan, iven Manado Fiesta 2017 bukan semata-mata untuk melakukan promosi pariwisata. Ada hal lain yang perlu saya jelaskan. Nilai persaudaraan dan kerukunan di Kota Manado sudah begitu kental. Berbagai suku, agama, ras, dan golongan hadir bersama-sama mengikuti karnaval FisCo. Kekayaan inilah yang saya harapkan bisa tetap padu dan tumbuh menjaga Kota Manado tetap rukun dan damai.” Terang Walikota GSVL.

Sambungnya, kendaraan hias yang dilengkapi dengan pernak pernik ikan dan karang, mempunyai makna tersendiri. Dimana, dari ke-53 rombongan kendaraan hias yang dibuat, merupakan aset nyata yang dimiliki Kota Manado di laut Bunaken.

“Kami selaku Pemerintah Kota Manado bertekad membawa ‘keluar’ aset di dalam laut bunaken, agar masyarakat maupun para penunjung bisa tau, bahwa inilah kekayaan yang dimiliki Kota Manado di laut Bunaken,” ungkap GSVL.

Sementara, dalam sambutan Dirjen Otda Soni Sumarsono mengatakan kedatangannya ke Kota Manado dalam menghadiri undangan Manado Fiesta juga sekaligus pulang kampung.

“Halooo…saya ke Manado menghadiri iven Manado Fiesta ini sekaligus pulang kampung. Saya turut memberikan apresiasi kepada Walikota Manado GS Vicky Lumentut maupun Wakil Walikota Mor Bastiaan yang sudah menyelengarakan iven sebesar ini. Terima kasih juga sudah melakukan instruksi Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden RI Joko Widodo dalam program pengembangan pariwisata. Saya berharap iven Manado Fiesta bisa menjadi iven tahunan, yang bisa dinikmati seluruh masyarakat Kota Manado maupun yang berasal dari luar manado,” kata Dirjen Sumarsono sambil mengajak warga menyeruhkan ‘Mari Jo Ka Manado’.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat menyampaikan sambutannya mengatakan melalui penyelenggaraan iven Manado Fiesta secara langsung sudah memberi dampak bagi promosi pariwisata di Sulawesi Utara.

“Saya turut senang dengan penyelenggaraan iven Manado Fiesta 2017. Kemeriahan dan antusias warga jelas terlihat. Iven ini diharapkan bisa terus terlaksana setiap tahun, yang turut menunjang pariwisata Sulut, khususnya di Kota Manado. Apalagi, dari sisi kerukunan antar umat beragama, Sulut saat ini masuk dalam kategori terbaik diurutan empat se-Indonesia. Dengan ini, saya berharap Pemerintah Kota Manado dan masyarakat yang ada mari jaga kerukunan kita bersama, saling tolong menolong dan menjaga kota kita tetap aman dan nyaman. Serta saya ajak seluruh masyarakat untuk bisa berpartisipasi dan mendukung penyelenggaraan manado fiesta 2017,” tutup Gubernur Olly. (sten).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020