GSVL-MOR Irup Upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI Sukses Digelar

MANADO – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2018, Jumat (17/8) bertempat di area Pohon Kasih Kawasan Megamas, sukses digelar.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut yang bertindak selaku inspektur upacara (Irup) didampingi Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manado.

Ke 25 personil Paskibraka Manado didampingi kelompok barisan TNI tampil memukau dengan mengibarkan bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh Kelompok Drum Band Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Manado.

Menurut Walikota Vicky Lumentut, upacara ini merupakan kewajiban sebagai warga Negara Indonesia untuk melaksanakannya karena memiliki arti dan nilai yang sangat penting.

“Perayaan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2018 ini sangat penting. Kita ingin menanamkan semangat kemerdekaan, cinta tanah air dan bangsa kepada generasi selanjutnya. Sebab itu, selaku pemerintah Kota Manado, saya mengajak masyarakat maupun jajaran perangkat daerah untuk merdeka. Merdeka dalam memperoleh hak dan menuntaskan kewajiban. Termasuk juga, mengembangkan pribadi kita menjadi lebih baik, dengan tidak menyalahi hukum dan berbuat sesuai aturan yang berlaku,” tandas Walikota Vicky Lumentut.

Tampil memukau juga dalam upacara tersebut terlihat siswa-siswa SMP Negeri 1 Manado yang menyanyikan tiga lagu perjuangan dengan semangat yakni Hari Merdeka ciptaan H Mutahar, Berkibarlah Benderaku ciptaan Ibu Sud dan Syukur ciptaan H Mutahar.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan toast kenegaraan Pemkot Manado yang dilaksanakan di gedung Youth Center, kawasan Megamas Manado. Dipimpin Walikota Vicky Lumentut bersama Wawali Mor serta Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado Prof Julyeta PA Runtuwene dan Ny Imelda Bastiaan Markus.

“Hidup pemerintah Indonesia, hidup Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf kalla, hidup pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, hidup Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, hidup pemerintah Kota Manado, hidup sukses pelaksanaan Asian Games, hidup untuk kita semua,” tutur Walikota Vicky Lumentut, yang disambut sorakan “Hidup” oleh para hadirin.

Rangkaian acara HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Kota Manado, ditutup dengan upacara penurunan bendera Merah Putih di areal Pohon Kasih, kawasan Megamas Manado, pada pukul 17.00 Wita dengan inspektur upacara Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE. (pemhum/stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020