GSVL-MOR Langsung Monitor Lahan Alih Fungsi & Bangunan Liar Lewat PC Satelit Penginderaan Jauh

Wawali Manado, Mor Bastiaan bersama Kepala Pusat Teknologi Data (Pustekdata), Dedi Irawadi
Wawali Manado, Mor Bastiaan bersama Kepala Pusat Teknologi Data (Pustekdata), Dedi Irawadi
Wawali Manado, Mor Bastiaan bersama Kepala Pusat Teknologi Data (Pustekdata), Dedi Irawadi

MANADO – Pelayanan public secara transparan lewat berbagai teknologi canggih terus dimantapkan Wali Kota, GS Vicky Lumentut dan Wawali Manado, Mor Bastiaan (GSVL-MOR) untuk mewujudkan visi misi Manado Smart City 2021.

Tak puas dengan keberadaan Command Center Cerdas, ruang pusat kendali pelayanan public dengan peralatan teknologi canggih, kini Wawali Mor berupaya agar Manado juga bisa memiliki Peta Citra (PC) Satelit Penginderaan Jauh dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Jakarta.

Dalam kunjungan Wawali Mor LAPAN, banyak kegunaan teknologi ini diantaranya zona-zona potensi serta kondisi cuaca.

Bahkan dengan kecanggihan teklnologi ini, bangunan-bangunan liar di Kota Manado serta lahan-lahan alih fungsi dapat dimonitor langsung GSVL-MOR.

Kepala Pusat Teknologi Data (Pustekdata), Dedi Irawadi berjanji akan membantu Pemkot Manado dengan memberikan data peta dasar (base map) yang bisa dugunakan, agar bila terjadi perubahan permukaan bumi di Kota Manado segera bisa diketahui melalui gambar atau foto yang diambil melalui peta citra.

“Pemerintah juga dapat mengembangkan peta tersebut dengan membuat peta garis untuk membatasi batas-batas kecamatan dan kelurahan,” jelasnya.

Selain itu, dapat juga mengidentifikasi perubahan lahan menjadi perumahan atau bangunan-bagunan setiap bulan ataupun tahun.

“Ini nantinya pemerintah dapat memonitor dilahan-lahan mana saja yang telah beralih fungsi atau juga telah ada bangunan baru yang belum dilapor,” ujar  Irwadi. (antoreppy)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020