GSVL-MOR Sukseskan Perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-74

Liputan Khusus

Walikota Inspektur Upacara HUT Ke-74 Proklamasi Kemederkaan RI

Peringati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 tingkat Kota Manado berlangsung di alun-alun kota, lapangan Sparta Tikala Manado, selaku Inspektur Upacara Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Sabtu (17/08) pagi tadi.

Upacara yang dimulai pukul 10.00 Wita itu, ditandai dengan bunyi sirine bersahutan dari berbagai penjuru lapangan kebanggaan masyarakat Kota Manado tersebut, pertanda dimulainya detik-detik Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 2019. Diawali dengan pembacaan Proklamasi yang disampaikan Pimpinan Dewan Sementara Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado Ketua, Altje Dondokambey. Dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh kelompok Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Manado yang terdiri dari pasukan 8, pasukan 17 dan pasukan 45.

“Momentum perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun 2019 ini sangat penting dan wajib untuk dilaksanakan. Karena, dengan perayaan seperti ini akan menggugah rasa nasionalis kita untuk lebih mencintai dan bangga dengan Negara ini. Kita juga berterima kasih kepada para pahlawan bangsa yang telah berkorban untuk kemerdekaan negeri ini,” ujar Walikota.

Walikota Hadiri Paripurna DPRD Kota Manado Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI

Walikota Manado GS Vicky Lumentut menghadiri rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Manado dengan agenda mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019, di Ruang Sidang DPRD Kota Manado, Jumat (16/8).

Rapat Paripurna Istimewa ini dipimpin langsung oleh Pimpinan Sementara DPRD Kota Manado, Ketua Altje Dondokambey, didampingi Wakil Ketua Sementara, Nortje Van Bone, dan turut dihadiri oleh Wakil Walikota Manado. Mor D Bastiaan, Ketua TP PKK Kota Manado, Julyeta Runtuwene, Wakil Ketua TP PKK Kota Manado, Imelda Bastiaan Markus, Sekda Kota Micler Lakat, Kapolresta Kota Manado, Kombes Pol, Benny Bawensel, Forkompinda Kota Manado, para Anggota Dewan, para Staf Ahli Walikota, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Se-kota Manado, Lurah Se-Kota Manado, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kota Manado.

“Apa yang menjadi program Bapak Presiden, tentunya menjadi pedoman dan arah bagi kita untuk mendukung program Pemerintah Pusat yang ada di Kota Manado, dalam rangka mensejahterakan masyarakat diantaranya bagaimana kita terus mengangkat potensi ekonomi masyarakat,” ujar Walikota.

Walikota Serahkan Remisi 135 kepada Napi Rutan Malendeng

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2019, Walikota Manado GS Vicky Lumentut, menyerahkan Surat Keputusan (SK) pemberian remisi kepada 139 narapidana warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Manado, Sabtu (17/8) pagi.

Penyerahan SK remisi tersebut dilakukan Walikota Lumentut saat memimpin upacara HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Rutan yang terletak di Kelurahan Malendeng, Kecamatan Paal Dua, disaksikan Kepala Rutan Kelas II A Manado Raden Budiman Priatna Kusumah dan Wakil Walikota Manado, Mor D Bastiaan.

“Pemberian remisi seharusnya tidak dimaknai sebagai pemberian hak warga binaan pemasyarakatan, tetapi lebih dari itu remisi merupakan apresiasi Negara terhadap warga binaan pemasyarakatan yang telah berhasil menunjukkan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas dan meningkatkan kompetensi diri dengan mengembangkan ketrampilan untuk dapat hidup mandiri serta menumbuhkan dan mengembangkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

Tos Kenegaraan HUT RI ke74 Tahun Pemkot Manado

Walikota Manado GS Vicky Lumentut didampingi Ketua TP PKK Kota Manado Julyeta Runtuwene, Wakil Walikota, Mor D Bastiaan, Wakil Ketua TP PKK Imelda Markus, memimpin Tos kenegaraan bertempat di ruang serba guna Kantor Walikota Manado, Sabtu (17/8), dalam rangka mensyukuri Hari kemerdekaan Indonesia ke 74 Tahun, 17 Agustus 2019.

Sebelum melakukan Tos kenegaraan Walikota didaulat menyalakan lilin HUT RI ke- 74, Dengan mengangkat gelas diikuti oleh seluruh undangan, harapan yang dilontarkan penuh semangat oleh Walikota Manado “Indonesia maju, Sulut maju, Manado maju, Merdeka !,” dan diserukan “Merdeka!” oleh para undangan.

Pemkot Manado Gelar Upacara Penurunan Bendera HUT RI ke-74

Setelah sukses melaksanakan Upacara Detik-Detik Proklamasi pada pagi hari, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado kembali menggelar Upacara Penurunan Bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 pada Sabtu (17/8) petang di Lapangan Sparta Tikala Manado.

Tepat pukul 17.30 WITA Wakil Walikota Manado, Mor D. Bastiaan mengambil tempat selaku Inspektur Upacara. Di awali dengan parade lagu-lagu Nasional upacara dilanjutkan dengan penurunan Bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra).

Upacara penurunan bendera HUT RI kali ini turut diikuti, Kapolresta Kota Manado, Kombes Pol Benny Bawensel, SIK, MH, Forkompimda/Yang Mewakili, Wakil Ketua TP PKK Kota Manado, Imelda Markus, Segenap Anggota DPRD Kota Manado, jajaran,Pejabat Eselon II dan III, Para Camat-Lurah, ASN dan THL di Lingkup Kota Manado, TNI-Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Organisasi Kepemudaan serta Tamu/Undangan.

Penulis : stenlywb

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020