Gubernur Sulut Tinjau KM. Spil Niken Loa

(Gubernur Sulut saat meninjau kapal KM Spil Niken Loa)

 

BITUNG – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE mengunjungi KM. Spil Niken Loa di dermaga PelabuhanKonteiner Bitung, Rabu (20/09/2017).

Menurut Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE, kehadiran salah satu kapal barang terbesar di Indonesia denganpanjangnya 236 meter dan mampu memuat 2500 kontainer, merupakan terobosan baru bagi Sulut. “Kapal ini milik perusahaan swasta yang memiliki jumlah kapal terbilang banyak. Dan perusahaan ini memilih Sulut, karena milihat peluang bisnis yang ada di daerah ini,” ungkap Dondokambey.

Lebih jauh dikatakannya, jalur yang dilalui kapal ini, merupakan jalur inovatif dari Kalimantan ke Bitung, sehingga dengan adanya jalur ini, mempercepat operasional menjadi Bitung Hub Port di Indonesia Timur. “Selain jalurnya eksportnya lebih cepat, dengan adanya jalur baru ini, maka mempercepat beroperasinya Pelabuhan Hub Port di Kota Bitung,” ujar Dondokambey.

Kehadiran KM. Spil Niken Loa juga merupakan salah satu program Presiden RI, Joko Widodo yakni tol laut. Sedangkan untuk Pelabuhan Bitung saat ini terus dilakukan pengembangan melalui PT Pelindo IV. “Jelas ini ada kaitan dengan program Presiden. Dan investasi yang disiapkan Pelindo guna pengembangan Pelabuhan Bitung sebesar tiga ratus lima puluh milyar,” ungkap Dondokambey.

Diakui juga saat ini pemerintah sementara mengurus regulasi agar kegiatan eksport import melalui Pelabuhan Bitung lebih terbuka lagi. “Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan, agar jenis barang yang masuk keluar melalui Pelabuhan Bitung tidak dibatasi,” tandas Dondokambey.(hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020