Gubernur Ungkap Tantangan Besar Sulut Hadapi MEA

Kepedulian terhadap dunia pendidikan salah satunya Gubernur memerikan kuliah umum di STAKN Manado
SERIUS: Gubernur Sulut Olly Dondokambey (tengah), Kadis Pendidikan Provinsi Gammy Kawatu (kiri)saat memberikan Kuliah Umum di STAKN Manado
SERIUS: Gubernur Sulut Olly Dondokambey (tengah), Kadis Pendidikan Provinsi Gammy Kawatu (kiri) dan moderator dari pihak penyelenggara saat memberikan Kuliah Umum di STAKN Manado, Rabu (8/2) (foto:Biro Protokol-KKP)

MANADO-Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan peningkatan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) harus manfaatkan peluang sebaik-baiknya.

Hal ini ditegaskan Olly dalam Kuliah Umum saat menjadi keynote speaker dengan tema “Peran Civitas Akademika Dalam Pembangunan Bangsa Menghadapi MEA” di Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Manado, Rabu (8/2).

Ada beberapa pendekatan sehubungan dengan kesiapan dan tantangan Bangsa Indonesia, khususnya warga Sulut memanfaatkan sebaik-baiknya peluang MEA.

Tantangan tersebut diantaranya melalui produk unggulan, barang dan jasa, tenaga kerja serta investasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),”jelas Olly kepada para mahasiswa, para dosen STAKN yang turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Daerah A.G Kawatu dan tamu undangan lainnya.

Selain itu, Ia menyebut strategi dan pendekatan dalam menghadapi MEA melalui aktualisasi Triksakti yang digaungkan Bung Karno yaitu “Berdaulat dalam politik, Berdikari dalam ekonomi, dan Berkepribadian dalam kebudayaan.

Sementara itu, Ketua STAKN DR Jeane Marie Tulung mengungkapkan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Gubernur atas perjuangannya STAKN Manado bisa ada seperti ini, khususnya dalam proses transformasi dari Sekolah Tinggi ke Institut.

(srikandi/Hm)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020