IKLAN

H-2, Harga Sembako Relatif Stabil


Ilustrasi

Ilustrasi

MANADO- Memasuki H-2 bulan puasa, tepatnya 17/18 Juni harga dan pasokan kebutuhan pokok pangan di Pasar Bersehati Manado, Senin (15/6) masih wajar.

Perkembangan harga khususnya bawang, rica, tomat (Barito) berdasarkan hasil pantauan www.manadoline.com siang ini Senin (15/6) di Pasar Bersehati dibandingkan awal Juni harga barang kebutuhan pokok masih terpantau stabil.

“Khusus untuk harga komoditas pangan pada puasa dan lebaran tahun lalu mengalami kenaikan signifikan, saat ini justru cenderung stabil karena banyaknya pasokan dari sentra produksi dan status ekonomi melemah,”ungkap Ani salah satu pedagang.

Beberapa komoditas seperti cabe merah keriting, cabe merah besar, dan cabe rawit merah harganya berkisar antara Rp 40 ribu per kg. Sedangkan harga bawang merah dan bawang putih juga terpantau stabil namun untuk bawang merah mengalami penurunan dari Rp 40 ribu turun Rp 34 ribu, bawang putih normal Rp 28 ribu per kg.

Diantara kebutuhan pokok tersebut, justru harga tomat yang mengalami kenaikkan.”Mulai sabtu (13/6) lalu harga tomat yang sebelumnya Rp 6 ribu, sekarang naik Rp 10 ribu karena stok tomat datangnya dari Minahasa dan kebetulan kemarin Minggu (14/6) salah satu di daerah Minahasa berpengucapan syukur jadi agak kurang karena warga sibuk dengan acara tersebut,”terang pedagang Barito Brian.

Demikian pula untuk komoditas lainnya seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, harga relatif stabil.

“Permintaan kami (warga-red) menjelang puasa dan lebaran nanti tentu banyak kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi. Pasti tidak menutup kemungkinan akan terjadi kenaikan harga jelang H-3 lebaran, kami harapkan kenaikan harga masih dalam batas normal,”ungkap pedagang dan pengunjung pasar. (srikandipangemanan)

IKLAN
loading...