H+1 Natal, Kedatangan Penumpang Ke Pelabuhan Tahuna Naik Hampir 200%

Kedatangan penumpang dari Pelabuhan Manado melalui Kapal Cepat Majestic.

Tahuna- H + 1 pasca Natal, Kamis (26/12) di Pelabuhan Nusantara Tahuna mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Diperkirakan kedatangan penumpang dari Pelabuhan Manado dan pulau-pulau sekitar yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe naik hampir 200% per harinya. 

Jika di hari-hari biasa pra Natal, jumlah penumpang yang datang berkisar 250 orang per hari, kini semenjak H – 3 pra Natal mencapai 500-600 orang per harinya. Namun hal ini berbanding terbalik, dengan jumlah keberangkatan penumpang dari Pelabuhan Nusantara Tahuna ke Pelabuhan Manado dan pelabuhan-pelabuhan di pulau-pulau sekitar Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang malah mengalami penurunan. 

Hal ini dikatakan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna Mocodompis Muhaling SIP melalui Pelaksana Harian dan juga selaku Kepala Pos Terpadu Pelabuhan Daniel Mahalueng kepada media ini. 

“Benar bahwa lonjakan penumpang yang datang di Pelabuhan Nusantara Tahuna naik cukup signifikan. Lonjakan penumpang ini datang dari Pelabuhan Manado ataupun dari pulau-pulau yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jika dihari biasa hanya 250 orang per hari, kini mencapai 500-600 orang per hari.” kata Mahalueng. 

“Tapi kalau penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Tahuna ke Pelabuhan Manado atau pulau-pulau sekitar Sangihe, malah mengalami penurunan. Jika dihari biasa mencapai 250 orang per hari, sekarang ini turun hanya sekitar 125 orang per harinya.” ungkapnya. 

Dirinya pun berharap bagi para penumpang yang hendak bepergian ke Pelabuhan Manado atau pulau-pulau disekitar Kabupaten Kepulauan Sangihe, membeli tiket di loket-loket resmi yang ada di pelabuhan. 

Kepala Harian KUPP Kelas II dan Posko Terpadu Pelabuhan Nusantara Tahuna Daniel Mahalueng.

“Saya menghimbau kepada masyarakat yang hendak pergi ke Pelabuhan Manado atau pulau-pulau sekitar Sangihe, untuk membeli tiket di loket-loket resmi yang ada di pelabuhan. Agar para penumpang terdata secara resmi dan dapat nyaman serta aman selama perjalanan.” pinta Mahalueng. 

Lanjut ditambahkannya, jika ada permasalahan di Pelabuhan Nusantara Tahuna, bisa segera melaporkan ke Pos Terpadu yang ada di pelabuhan. 

“Pos Terpadu Pelabuhan Nusantara Tahuna sudah kita dirikan sejak tanggal 19 Desember 2019. Pos ini memang dipusatkan untuk memantau memberikan kemudahan dan kelancaran bagi penumpang yang tiba mau pun berangkat dari Pelabuhan Tahuna. Jadi jika ada permasalahan bisa segera melapor ke Pos Terpadu.” pungkasnya. (Zul)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020