Hadiri Kuliah Umum di Unsrat, Sambuaga : Kominfo, Kemendikbud, BIN Perlu Kerjasama Cegah Hoax

MANADO – Anggota DPR RI Komisi I Jerry Sambuaga turut hadir dalam kegiatan kuliah umum di Kampus FISIP Universitas Sam Ratulangi yang digelar Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Komisi I DPR RI, Jumat (9/11).

Dalam kegiatan kuliah umum yang bertema ‘Penggunaan Internet dan Pencegahan Hoax’ ini, turut dihadiri 200 mahasiswa serta dosen maupun pihak yang diundang.

Isi pembahasan maupun materi yang disampaikan para pembicara yaitu bagaimana agar lingkungan kampus dapat menjadi pengguna internet yang bijak dan mampu meredam bahaya internet termasuk hoax. Terutama, saat ini marak beredak hoax di media sosial dan bagaimana upaya Kemenkominfo memerangi hoax.

“Saya kira upaya pencegahan yang paling baik yaitu dilakukan sejak pendidikan dasar (SD) sebelum anak-anak melanjutkan studi sampai jenjang yang lebih tinggi. Dimana, hal ini bisa dipasang strategi perubahan kurikulum yang beberapa fokus program adalah bagaimana mendidik anak agar bisa terhindar dari informasi yang berbahaya dan tidak benar,” tukas Sambuaga.

Tambahnya, Kominfo sebagai penyedia informasi, Kemendikbud sebagai pembentuk kurikulum bisa bekerjasama dengan BIN untuk memerangi informasi hoax yang sangat membahayakan bagi generasi milenial saat ini.

“Hoax adalah masalah nasional dan ini perlu disikapi bijak. Yang mana ini merupakan masalah serius yang perlu ditindaki secara serius,” pungkas Sambuaga. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020