Hadiri Pekan Inovasi Nasional, Kadis Kaawoan : Jaga Budaya Gotong Royong dan Teruslah Berinovasi

Kepala Dinas Sammy Kaawoan saat mengikuti Pekan Inovasi Nasional Desa/Kelurahan (PINDESKEL) dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Kemendagri yang digelar di Hotel Media Tower, Jakarta Pusat.

MANADO – Kegiatan Pekan Inovasi Nasional  Desa/Kelurahan (PINDESKEL) dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), dihadiri Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Sammy Kaawoan. Giat digelar di Hotel Media Tower, Jakarta Pusat.

Melalui sambungan telepon, Kadis Kaawoan mengatakan saat ini sedang mengikuti kegiatan Pekan Inovasi Nasional Desa/Kelurahan dalam rangka mengevaluasi tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan. Selain itu juga dilakukan kiat-kiat apa saja dalam rangka memajukan desa/kelurahan untuk terus berkembang dan berinovasi.

“Jadi dalam kegiatan ini, selain pemberian penghargaan, semua peserta juga diberikan semangat dalam memotivasi desa/kelurahaan untuk semakin berkarya demi kepentingan warga. Dimana, hal ini tercantum dalam Pindeskel dan BBGRM yang dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2016 tentang evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan,” tukas Kaawoan.

Lanjut dikatakan, terkait juga dengan Permendagri Nomor 42 Tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong untuk mempublikasikan berbagai keberhasilan dan Inovasi yang telah dilakukan oleh pemerintah desa dan kelurahan dalam penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

“Intinya untuk menumbuhkembangkan kegotongroyangan masyarakat dengan berpatokan pada inovasi, efektivitas serta kearifan lokal yang memberikan daya ungkit pada peningkatan ekonomi masyarakat,” tandas Kadis Kaawoan.

Sebelumnya, Menteri Tjahjo Kumolo dalam sambutannya yang dibacakan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Nata Irawan menekankan sejumlah poin penting yang harus diupayakan diantaranya  pemerintah desa dan kelurahan diminta agar lebih inovatif untuk meningkatkan prakarsa, gerakan dan pertisipasi masyarakat desa dan budaya gotong royong dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Diketahui, penyerahan penghargaan dilakukan Dirjen Pemerintahan Desa Kemendagri Nata Irawan atas nama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam Pembukan Pekan Inovasi Nasional  Desa/Kelurahan (PINDESKEL) dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Kemendagri yang digelar di Hotel Media Tower, Jakarta Pusat. (sten).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020