Hadirkan Pemateri RDC Asia Pasifik, Pelatih Fisik di Manado Kantongi Lisensi Level I Nasional

Richard Kudiman, salah satu peserta saat mengapresiasi kegiatan pelatihan bagi pelatih fisik level I Nasional tahun 2018.

MANADO – Puluhan pelatih di Kota Manado yang mengikuti pelatihan fisik level I Nasional 2018 benar-benar digembleng. Selain mendapat materi, mereka juga wajib mengikuti praktek pelatihan fisik.

Kegiatan yang dilaksanakan Pemkot Manado melalui Dispora Manado bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Pelatih Olahraga (LP2O), Lembaga Akreditasi Nasional Keolahragaan (Lankor), Asosiasi Pelatih Fisik Indonesia (ICCA) ini, agar pelatih fisik di Kota Manado dapat mengingkatkan prestasi olahraga dengan mengantongi lisensi level I Nasional.

Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional yang digelar di sebuah hotel di kawasan Megamas itu baru pertama kali di kota Manado dengan menghadirkan Dr. Rya Lumintuarso, dosen Universita Malang dan Dr. Imam Hariyadi, dosen Universita Jogja. Keduanya merupakan ahli olahraga dari RDC Asis Pasifik yang membawahi lima Negara yang membawakan materi selama kegiatan yang berlangsung sejak 6-10 Desember.

Ketua Penyelenggara Pelatihan, Pontowuisang Kakahue, mengatakan setelah lulus dari pelatihan tersebut, diharapkan para pelatih bisa segera menerapkan ilmunya di masing-masing cabang olahraga sehingga peningkatan kualitas fisik atlet-atlet di tanah Sulut.

Ketua KONI Manado, Hengky Kawalo memberi sambutan di pembukaan kegiatan Pelatihan Bagi Pelatih Fisik Level I tahun 2018.

”Mereka (peserta pelatih fisik) akan mengantongi lisensi level I nasional. Jadi ini tidak main-main. Harapan kami juga, peserta setelah lulus dari sini tentu bisa mengaktualisasikan ilmunya di masing-masing Cabor. Itu bisa menjadi salah satu tonggak keberhasilan dalam peningkatan kualitas fisik atlet-atlet di Sulut”, ungkapnya Ponto yang juga Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Manado.

Salah satu peserta, Richard Kudiman mengungkapkan, kegiatan pelatihan fisik itu sangat penting apalagi saat ini sedang menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua tahun 2020.

“Saya bangga, dan berterima kasih kepada Pemkot Manado khususnya Dispora. Bukan gampang mengikuti kegiatan ini. Kantongi sertifikasi berlisensi level I nasional, kita bisa bersaiang dengan pelatih-pelatih fisik daerah lain. Sekali lagi terima kasih dan salut untuk Dispora Manado,” ungkap Ichad. ***

Penulis: antoreppy

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020