Harga Cengkih Turun, BW Minta Pemerintah Turun Tangan

MANADO-Meskipun PPN turun sampai 1 persen untuk komoditi pertanian, ternyata sampai saat ini belum berdampak pada harga komoditi Cengkih  di Sulawesi Utara.

Bahkan harga cengkih ditingkat petani terus anjlok  hingga membuat petani resah. Pasalnya harga cengkih  kering perkilonya Rp 47.000 ribu.

Menyikapi kondisi tersebut, anggota DPRD Sulut Braien Woworuntu angkat bicara dan meminta pemerintah jangan tinggal diam dan segera melakukan upaya dengan memberikan perlakuan khusus, misalnya dengan menetapkan harga batas bawah Cengkih Rp 70.000 ataupun melakukan intervensi pasar.

” Dengan kondisi sekarang ini, harus ada upaya dari Pemerintah dengan melakukan intervensi pasar, misalnya dengan membeli cengkih petani,”ungkap Waworuntu.

Ketua Komisi 4 DPRD Sulut  ini meminta Pemerintah agar dapat melakukan monitoring atau Pengawasan terhadap pedagang pengumpul, yang bisa saja dengan sengaja melakukan permainan harga sehingga  merugikan petani.

” Perlu juga ada pengawasan, karena bisa saja anjloknya harga cengkih ditingkat petani karena ada permainan harga yang sengaja dilakukan oleh pedagang pengumpul,”ucap Waworuntu. (mom)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020