Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Mitra Dukung Bebas Sampah Plastik

Kabid Tata Rencana Kajian dan Pengaduan Kasus Lingkungan Hidup Linda Tololiu SSos ME.
Kabid Tata Rencana Kajian dan Pengaduan Kasus Lingkungan Hidup Linda Tololiu SSos ME.

RATAHAN — Sampah plastik memang selalu menjadi momok bagi masyarakat dunia untuk kelangsungan bumi bagi anak cucu, sebagai generasi yang akan datang.

Untuk itu di Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang selalu diperingati setiap 5 Juni selalu diingatkan kepada kita untuk menjaga lingkungan sekitar kita agar terbebas dari segala macam bentuk sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Minahasa Tenggara (Mitra) dr Tommy A Soleman MKes, melalui Kepala Bidang (Kabid) Tata Rencana Kajian dan Pengaduan Kasus Lingkungan Hidup Linda Tololiu SSos ME, menjelaskan, tema yang diangkat kali ini yakni ‘Kendalikan Sampah Plastik’.

“Sesuai tema tersebut, diharapkan seluruh lapisan masyarakat untuk peduli akan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah plastik sembarangan,” kata Tololiu, Selasa (5/6/2018).

Menurutnya, butuh komitmen kuat untuk mengendalikan sampah khususnya plastik. “Jadi itu dimulai dari diri kita sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan,” terangnya.

Dia meminta juga ASN seharusnya dapat menjadi panutan dalam mengendalikan sampah plastik.

“Seluruh jajaran ASN yang ada seharusnya dapat memberi contoh kepada masyarakat bagaimana mengendalikan sampah plastik agar tidak berserakan dimana-mana. Atau juga dapat mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Ditambahkannya, DLH Mitra telah menyedikan tempat sampah diberbagai titik, tujuannya agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020