Hasil Screening, 1 Penumpang KM Dorolonda Dianjurkan Isolasi Mandiri 14 Hari

BITUNG – Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bitung menganjurkan satu orang penumpang kapal KM Dorolonda segera melakukan isolasi mandiri selama 14 di rumah.

Menurut Kepala KKP Bitung, dr. Pingkan Pijoh, MPHM, DK, setelah melakukan pengawasan bagi penumpang kapal KM Dorolonda yang tiba di Pelabuhan Bitung ditemukan seorang penumpang dengan suhu tubuh 38 derajat celcius, flu dan disertai batuk tapi tidak sesak. “Dari hasil screening dengan thermal scanner kepada 300 penumpang KM Dorolonda yang tiba di Pelabuhan Bitung, terdapat satu orang dengan suhu tubuh 38 derajat celcius, flu dan disertai batuk tapi tidak sesak,” ungkan Pingkan, pada Kamis (19/03/2020).

Lanjut Pingkan, penumpang tersebut dianjurkan bisa melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari, perilaku hidup bersih dan sehat, istirahat cukup, makan makanan menu seimbang. “Memang gejala minimal tapi ada faktor resiko karena kapal berasal dari Jakarta. Sehingga kami menganjurkan agar orang itu melakukan isolasi mandiri 14 hari,” katanya.

Ditambahkan Pingkan, untuk memantau orang tersebut, KKP Bitung telah melakukan komunikasi dengan Dinas Kesehatan Pemkot Bitung. “Ini sudah kami informasikan kepada Dinas Kesehatan, agar orang tersebut terus dalam pengawasan,” tandas Pingkan.

Penumpang yang diketahui dari Ambon itu, tiba di Pelabuhan Bitung dengan KM Dorolonda dengan rute perjalanan kapal dari Jakarta, Surabaya, Ambon, Ternate dan terakhir Bitung.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020