Heboh!!! Penyu Belimbing Singgah di Pusomaen

Camat Pusomaen Djemi Walukow dan masyarakat kawal penyu Belimbing kembali ke laut.
Camat Pusomaen Djemi Walukow dan masyarakat kawal penyu Belimbing kembali ke laut.

PUSOMAEN — Masyarakat Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) khususnya Kecamatan Pusomaen, Senin (23/7/2018), dihebohkan dengan kehadiran hewan laut yang bisa dikatakan langkah.

Penyu Belimbing atau bahasa latinnya (Demorchelys Coriacea), dengan panjang 2,5 meter dan lebar 1,25 meter, pertama kali ditemukan Marthen Ratuliu warga Desa Minanga Tiga Pada, Minggu (22/7/2018) pukul 20.00 wita. Menurutnya penyu tersebut diperkirakan akan bertelur sehingga naik ke daratan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir Vecky Monigir ME menjelaskan, kehadiran penyu Belimbing tersebut untuk bertelur merupakan hal yang pertama di Minahasa Tenggara.

“Sebagaimana informasi yang kami peroleh, untuk wilayah Sulawesi, lokasi bertelurnya penyu Belimbing baru pertama kalinya di Pesisir Minahasa Tenggara,” ungkapnya.

Pihak Perwakilan Balai Pelestarian Sumber Data Pesisir dan Laut (BPSPL) Makasar Satker Manado, saat memasang microchip ke penyu Belimbing.

Sementara itu, Camat Pusomaen Djemi Walukow mengatakan, penyu langkah tersebut sudah dilepaskan kembali ke habitatnya.

“Pada Senin pukul 12.30 wita sudah kami kawal penyu tersebut untuk kembali ke laut,” ujarnya.

Ia pun berharap jika ada masyarakat yang kembali melihat hewan laut yang langkah tersebut, agar dijaga dan jangan membuat sesuatu yang bisa mengancam kelangsungan hidup penyu tersebut.

Diketahui, sebelum kembali ke laut, pihak Perwakilan Balai Pelestarian Sumber Data Pesisir dan Laut (BPSPL) Makasar Satker Manado, telah memasang microchip agar penyu bisa dipantau. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020