HIMBAUAN WALIKOTA BAGI WARGA YANG DATANG DARI LUAR DAERAH

Walikota Manado Vicky Lumentut.

MANADO — Walikota Manado Vicky Lumentut terus memastikan baik masyarakat maupun wilayah Kota Manado selalu dalam kendali pemantauan terkait penyebaran wabah virus Corona.

Baru-baru ini, Walikota Vicky Lumentut secara resmi memberikan himbauan kepada masyarakat Kota Manado maupun pendatang, agar bisa mengukti instruksi atau protokol penanganan Covid-19, ataupun cara isolasi diri setelah datang dari luar daerah. Dimana, ketika tiba di Kota Manado, jangan langsung datang ke tenaga medis (puskesmas, mantri, bidan, dokter atau ke klinik) untuk test kesehatan. Tetapi perhatikanlah beberapa hal ini untuk bisa dilakukan.

  1. Langsung menuju rumah anda, diam di rumah selama 14 hari, jangan pergi kemana-mana dan lakukan sosial distancing.
  2. Saat tiba dirumah, anggota keluarga melaporkan ke aparat terdekat (ke hukum tua/lurah, pala jaga, sekdes) bahwa ada anggota keluarga yang baru pulang dari luar daerah atau luar negeri dengan menyertakan data ktp dan kk serta nomor telepon yang bisa di hubungi.
  3. Jika dalam 14 hari ada keluhan (demam, batuk batuk, flu, sakit tenggorokan, sesak nafas) maka hubungi petugas Puskesmas.
  4. Selanjutnya akan di tindak lanjuti dengan wawancara via telpon. Jika gejala mengarah ke penyakit corona akan ada “Tim Khusus” yang dibentuk oleh Dinkes (APD Lengkap) untuk melakukan penanganan lebih lanjut.

Adapun yang akan dilaporkan kepada puskesmas, yaitu :

  1. Nama :
  2. Usia :
  3. Alamat Lengkap :
  4. No. Telp :
  5. Keluhan:
  6. Riwayat Perjalananan:

“Bagi yang terpaksa harus keluar rumah, jangan lupa pakai masker. Sebelum pakai masker cuci tangan dulu. Jangan sentuh masker bila tidak cuci tangan. Jangan taruh masker di leher atau sering menyentuhnya,” pesan Walikota. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020