IKLAN

HJP Wajib Kantongi 39.267 KTP Bertarung di Pilwako Manado


Hanny Joost Pajouw

Hanny Joost Pajouw

MANADO– Hanny Joost Pajouw (HJP) telah menyatakan diri untuk maju bertarung di Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Manado, 9 Desember mendatang. Niat dan keinginan suami tercinta Dayvi Yanti Mailoor sudah bulat menyusul pernyataannya beberapa waktu lalu siap maju lewat jalur independen jika Partai Golkar yang mengusungnya melaju menjadi anggota Deprov Sulut itu tidak mengakomodirnya di Pilwako.

Dengan begitu, jika ini terjadi, anggota Deprov Sulut peraih suara terbanyak dapil Manado ketika pemilihan legislative lalu ini harus mengantongi 39.267 KTP warga Manado sebagai syarat pendukungnya.

“Telah ditetapkan untuk calon perseorangan wali kota atau wakil wali kota harus memperoleh dukungan 39.267 orang. Ini berdasarkan UU no 8 tahun 2015,’’ kata Komisioner KPU Manado Rommy Poli. Karena dalam UU itu, setiap calon harus mengumpulkan 8,5 persen dukungan dari jumlah penduduk. “Karena Data Agrerat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) untuk kota Manado berjumlah 461.959 penduduk. Jadi harus bisa mengumpulkan 39.267 penduduk dibuktikan lewat KTP baru kemudian bisa diakomodir,’’ pungkas Poli.

Meski demikian, KPU menyarankan bagi calon perseorangan untuk bisa mendapatkan dukungan lebih dari jumlah tersebut. “Dikuatirkan saat verifikasi berkas ada KTP ganda atau namanya sama dengan calon perseorangan lainnya,” tambah Poli seraya mengatakan, untuk calon perseorangan di kota Manado waktu pemasukan berkas dari 11-15 Juni. (mom)

IKLAN
loading...