HK Tuding ASN Pemkot Manado Curang Saat Pemilu 2019

MANADO – Legislator Kota Manado, Hengky Kawalo (HK) menyebutkan bahwa ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado berlaku curang saat Pemilu 2019 lalu.

Hal tersebut sampaikannya di hadapan Walikota GS. Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado Moor D. Bastiaan dalam rapat paripurna penyampaian laporan Panitia Khusus (Pansus) tentang Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Manado tahun 2018, Senin (28/5).

“Pemilu yang lalu ada indikasi kecurangan yang dilakukan secara terstruktur, sistematis dan masif oleh Pemerintah Kota Manado,” kata HK dalam rapat paripurna tersebut.

Dia menuturkan, Pemkot Manado secara terang-terangan memobilisasi dengan legitimasi kepada ASN untuk memilih partai tertentu dengan bukti dan laporan yang didengarkannya.

Selain ada pengarahan ASN untuk parpol tertentu, beberapa kegiatan dan program Pemkot dimanfaatkan oknum Caleg untuk pencitraan. Bahkan, nama Caleg Nasdem Provinsi Victor Mailangkay disebut terlibat dalam pembagian kartu lansia program Pemkot Manado.

Instruksi memilih caleg tertentu sampai ke Kepala Lingkungan (Pala). “Ada pala yang ikut memenangkan caleg partai tertentu dan ini terjadi di seluruh dapil,” pungkasnya. (14)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020