Honor Ketua RT dan Kaling Di Sangihe Belum Dibayar

Kasubag Administrasi Pelayanan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Sangihe M E Bangonang.

Tahuna- Hampir lebih dari 5 bulan honor Ketua RT maupun Kepala Lingkungan (Kaling) di Kabupaten Kepulauan Sangihe belum terbayarkan. Padahal selama ini pembayaran honor para Ketua RT dan Kaling ini terbilang lancar. 

Hal ini menimbulkan kekecewaan dari beberapa Ketua RT yang ada. Dikatakan mereka, seharusnya hal ini tidak terjadi. Lantaran walaupun honor mereka terbilang kecil yakni Rp 750.000/bulan untuk Ketua RT dan Rp 1.000.000/bulan untuk Kaling, namun dirasa sangat berarti buat mereka. 

“Kita sebenarnya tak mau mengeluh, tapi ya begini pemerintah ini. Giliran kewajiban, kami harus secepatnya melaksanakan. Tapi giliran hak kami, malah sepertinya dinomor dua kan. Sebaiknya hal ini tak perlu terjadi. Karena toh antara Pemerintah Daerah dan kami seharusnya saling bersinergi demi kemajuan daerah yang kita cintai ini.”kata salah satu Kaling yang tak mau disebutkan namanya. 

Menanggapi permasalahan ini Kepala Sub Bagian (Kasubag) Administrasi Pelayanan Pemerintahan M E Bangonang saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, hal ini disebabkan karena adanya perpindahan sistem yang ada. Dimana saat ini sistem pembayaran sudah langsung dibayarkan ke nomor rekening masing-masing Ketua RT maupun Kaling. 

“Mengapa lama, karena ada di pengurusan rekening bank dari masing-masing RT dan Kaling. Dan karena terjadi pergantian RT atau Kaling, jadi RT atau Kaling yang sudah tidak terpilih lagi ini yang buat lama pengurusan ini. Karena ada beberapa mantan RT atau Kaling yang sudah tidak terpilih malas mengurus rekening.”ungkap Bangonang. 

Ketika disinggung kapan pencairan honor para RT dan Kaling, dirinya berjanji minggu depan akan segera dicairkan. Lantaran permasalahan rekening dari setiap RT dan Kaling sudah terkumpulkan semuanya. 

“Jadi permasalahan rekening ini sudah clear. Tinggal proses pencairan dibagian keuangan saja. Kemarin kita sudah masukkan ke bagian keuangan, tapi Kepala Bagian Keuangan lagi diluar kota. Tinggal menunggu disposisi dari Kaban Keuangan. Minggu depan sudah cair honor para Ketua RT dan Kaling.”tandasnya. (Zul)