IKLAN

Honor Pala di Manado Tertinggi se Indonesia, Jangan Jadikan Kerja Sampingan


Camat Wenang Donald Sambuaga menyerahkan SK kepada salah satu Kepala Lingkungan di wilayahnya

Camat Wenang Donald Sambuaga menyerahkan SK kepada salah satu Kepala Lingkungan di wilayahnya

 MANADO—504 Kepala Lingkungan (Pala) yang tersebar di 87 kelurahan di Kota Manado benar-benar diistimewakan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado. Bayangkan, untuk honor setiap bulannya, pemerintah mengalokasikan anggaran per Pala sebesar Rp2.250.000.

Dengan komitmen, pekerjaan seorang Pala diminta bukan dijadikan pekerjaan sampingan, tapi harus benar-benar menjadi ujung tombak pemerintahan di wilayah kelurahan.

Demikian diungkapkan Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut di sela-sela selekasi Lurah di ruang Serba Guna, Selasa (20/1) kemarin. “Jadi lelang Pala yang kami lakukan belum lama ini benar-benar mencari Pala yang ingin dan benar-benar bekerja membantu pemerintah. Bukan menjadikan jabatan ini sebegai pekerjaan sampingan’’ tegas GSVL, sapaan Wali Kota. Sebab menurutnya, jika Pala yang sekadar ditunjuk seperti beberapa waktu lalu, kerja mereka tidak maksimal bahkan banyak sekali komplen dan laporan masyarakat di wilayahnya. “Sekarang ini ada tugas baru Pala, yakni melakukan sosialisasi program PBL. Jadi Pala harus sejalan dengan Lurah mensosialisasikan program pemkot,’’ katanya.

Wali Kota juga sedikit menyinggung temuan yang didapatinya pasca proses perekrutan Pala untuk mengikuti seleksi jabatan beberapa waktu lalu. Dirinya terang-terangan mengaku ada oknum Lurah yang tidak melakukan sosialisasi di wilayahnya dengan tujuan agar kerabatnya yang diprioritaskan.

SK Kepala Lingkungan

SK Kepala Lingkungan

“Ada kolusi antara oknum Lurah dan calon Pala akan diikutkan seleksi. Nah, saat ini saya sementara melakukan inventarisir oknum-oknum lurah tersebut,’’ terang GSVL.

Dengan temuan ini, orang nomor satu di Kota Manado ini meminta Pala yang lulus seleksi benar-benar tinggal di wilayah dia bertugas. “Kalau ada saya temukan keluhan masyarakat terkait kerja pala, tidak bekerja dengan baik dan lain-lain, Pala tersebut akan dievaluasi kembali. Dan yang paling penting, Pala harus bisa berpidato di tengah masyarakat dan bisa sambutan,’’ pesan Wli Kota. (anto reppy)

IKLAN
loading...