IKLAN

Lobi-lobi Politik Memanas

Hujan Interupsi, Paripurna AKD Diskors


Sejumlah anggota DPRD mendekati tempat pimpinan, sesaat sidang diskors.

Sejumlah anggota DPRD mendekati tempat pimpinan, sesaat sidang diskors.

MANADO – Rapat Paripurna AKD DPRD Kota Manado dihujani banyak interupsi yang muncul dari para anggota dewan. Sejumlah anggota dewan, mempertanyakan dan mempertegas proses dan mekanisme pemilihan dan penetapan pimpinan dan anggota AKD.

“Pimpinan. Sebaiknya setelah selesai pembacaan distribusi nama-nama anggota komisi dari fraksi-fraksi, saya usulkan sidang diskors untuk pemilihan, kemudian hasilnya dibacakan kembali dalam rapat paripurna,” ujar Roy Maramis.

Anggota fraksi PDIP Hengky Kawalo, menegaskan agar pimpinan sidang tidak perlu berlama-lama dalam proses pemilihan dan penetapan pimpinan AKD. Semangat pimpinan dalam menyelesaikan proses pemilihan AKD, harus didorong pula dengan semangat kebersamaan, agar lembaga ini benar-benar mampu menjalankan fungsi lembaga yang baik.

Suasana sidang paripurna AKD, di ruang paripurna DPRD Kota Manado semalam.

Suasana sidang paripurna AKD, di ruang paripurna DPRD Kota Manado semalam.

“Tidak perlu ditunda-tunda pimpinan. Ini sudah jelas makanya tinggal diambil keputusan untuk dilakukan pemilihan,” ungkap Kawalo.

Beberapa saat kemudian, Wakil Ketua DPRD Richard Sualang, setelah selesai membacakan kembali distribusi nama-nama dari fraksi-fraksi, langsung menskors terkait komposisi keanggotaan dalam Badan Pembentukan Perda Kota yang telah melebihi dari jumlah komposisi keanggotaan komisi.

“Sidang kami skors untuk membahas keanggotaan Badan Pembentukan Perda Kota, komposisi keanggotaannya telah melebihi jumlah keanggotaan komisi. Sesuai PP 16 tahun 2010, jumlahnya harus 11 sementara posisi keanggotaan sekarang berjumlah 12 anggota sehingga harus dikurangi 1 anggota,” kata Sualang.

Sidang kemudian dilangjutkan, dengan membacakan kembali komposisi anggota BPPK, dan setelah disetujui oleh anggota DPRD, sidang kembali diskosr untuk dilakukan pemilihan pimpinan pada masing-masing komisi. (christian).

IKLAN
loading...