HUT ke-12, Wagub Kandouw Ungkap IPM Hingga Inovasi Terobosan Mitra Tepat

MITRA– Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Minahasa Tenggara (Mitra) Kamis (23/5/2019), Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E. Kandouw mengapresiasi indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Mitra yang berada diatas rata-ratad dan berhasil melakukan berbagai inovasi dan terobosan yang tidak dimiliki kabupaten/kota lainnya.

Wakil Gubernur Steven Kandouw didampingi Istri tercinta juga Wakil Ketua TP PKK Sulut Dr Kartika Devi Kandouw Tanos saat memasang lilin HUT ke-12 Mitra bersama Bupati James Sumendap bersama Ketua TP PKK Mitra Jein Leonora Rende (foto:Ist)

Hal tersebut di Wagub Kandouw saat memperingati HUT Mitra ke-12 di momen Rapat Paripurna DPRD, Kamis siang tadi.

Rapat paripurna turut dihadiri Wakil Ketua TP PKK Sulut dr Kartika Devi Kandouw – Tanos MARS, Ketua TP PKK Mitra Jein Leonora Rende, Wakil Bupati Minsel Frangky Wongkar, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan dan Para Pejabat Pemprov Sulut.

“Menurut catatan dari pantauan Pemerintah Provinsi, ada tiga kabupaten yang indeks pembangunan manusianya diatas rata rata. Salah satunya adalah Kabupaten Minahasa Tenggara,”lanjut Kandouw.

Selain itu, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi IPM tersebut, yaitu kecepatan pertumbuhan ekonomi, pengurangan kemiskinan, dan peningkatan lapangan kerja.

Minahasa Tenggara menonjol karena dimensi infrastruktur dan dimensi kelayakan hidup selama enam tahun ini berjalan sesuai road map. Rencana ikhtiar dan program-program pembangunan di Mitra sudah tepat sehingga membuat Mitra menjadi tiga tercepat IPM di Sulut,” ungkap Kandouw.

Disamping itu, selama enam tahun ini Pemkab Mitra berhasil melakukan berbagai inovasi dan terobosan yang tidak dimiliki kabupaten/kota lainnya, yaitu jumlah belanja langsung di Mitra selalu melebihi belanja tidak langsung.

Lebih jauh, Kandouw juga menyinggung tentang keberhasilan Pemkab Mitra menerapkan Wagub e government e planing e budgeting pertama kalinya di Sulut.

“Yang menjadi pioner di Sulut adalah Mitra. Atas nama Bapak Gubernur, Wagub mengucapkan dirgahayu Kabupaten Minahasa Tenggara yang ke 12 Tahun. Baku baku bae, baku baku sayang, baku baku kase inga. Komponen masyarakat harus menjaga semua pencapaian yang sudah ada. Sekarang sudah baik, lebih baik dari tahun kemarin dan besok akan lebih baik dari tahun ini,” kunci Kandouw.

Sementara itu, Bupati Mitra James Sumendap mengatakan pencapaian usia 12 tahun Mitra merupakan peristiwa yang luar biasa karena akan menentukan masa depan Mitra.

“Di usia remaja ini banyak kemajuan yang tidak lepas dari peran Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw yang sudah banyak membantu demi kemajuan Minahasa Tenggara,”tandas Sumendap.

(srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020