Ibadah Tahun Baru 2019 GMIM NVC, Belajar dari Rapor dan Melihat Matahari Terbit

MINSEL– Ibadah awal Tahun Baru 2019 Jemaat GMIM Nazareth Velden Cappellen (NCV) Lansot Timur Wilayah Tareran Satu diajak untuk bersukacita walau banyak kejadian tak terduga terjadi di 2018 kemarin.

Suasana Ibadah Awal Tahun GMIM NVC dipimpin Pdt Marthen Karundeng, STh

Hal itu dikatakan Khadim Pdt Marthen Karundeng, STh dalam Ibadah Awal Tahun tersebut, Selasa (1/1/2019) pagi.

“Mudah-mudahan kita dapat belajar seperti anak sekolah, hidup kita mendapat rapor yang bagus jangan semua merah. Juga kualifikasinya A sehingga rapor kehidupan kita lulus tes,”ungkap Pdt Marthen Karundeng.

Lebih jauh Pdt Karundeng mengingatkan dalam perlombaan paling kurang mendapat emas/gold.”Mari nilai sendiri terhadap kehidupan kita. Atau mungkin ada perlakuan tidak pantas Istri kepada suami juga sebaliknya, dan permasalah hidup ditengah masyarakat dan jemaat. Mari kita menilai,”tuturnya.

Puji-pujian Kelompok Lansia

Diketahui Ibadah Tahun Baru GMIM NVC juga diisi dengan pujian-pujian Kelompok Fungsional Lanjut Usia (Lansia), Pelayan Khusus, Penasehat Jemaat, Jemaat Lansot Timur yang tinggal di Luar Lansot Timur, Remaja Zefanya Tanamal, mantan Pelsus yang lebih menambah sukacita jemaat.

Disisi lain, masih dalam khotbah Pdt Karundeng mengingatkan orang percaya belajar melihat matahari terbit diufuk timur.

Mengapa orang percaya harus melihat matahari terbit? Artinya mari bangun lebih awal, merenung perjalanan hidup yang Tuhan sudah pelihara.

“Memang hidup ini penuh perjuangan. Menabur kasih sayang menuai kasih sayang. Bekerja dengan penuh tanggungjawab maka kita akan menuai hasil maksimal,”tegas Pdt Karundeng.

Dalam pembacaan Alkitab Kejadian 26:12-25 bagaimana perjuangan Ishak yang percaya kepada Tuhan. Ishak di Filistin karena alasan yang tepat. Ishak menabur 100 kali lipat. Gambaran simbolisasi jeri payah. Ini mengingatkan orang percaya untuk berhasil harus ada jerih payah.

Hidup dalam sumur dan waktu yang benar seperti Ishak menggali sumur maka itu menjadi sumber kehidupan,”kunci Pdt Karundeng.

Sebelumnya, dalam Ibadah Malam Tahun Baru dalam khotbah Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) Pdt Ouckvy Oley Wenas, STh dalam pembacaan Alkitab Ulangan 30:11-20 mengingatkan jemaat NVC untuk lebih bekerja keras.

“Teruntuk anak-anak muda dalam study, pergaulan terutama lebih giat bekerja,”pesan Pdt Ouckvy Oley Wenas, STh.

Sembari ditambahkan Hukum Tua Lansot Timur Zachius Mapaliey SE, jemaat NVC lebih giat berkebun, jangan terpancing isu hoax.

(srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020