IKLAN

103 Jemaah Haji Kota Bitung Siap tunaikan Rukun Islam kelima

Ifran: Kuantitas Bertambah, Kualitas Tetap


Dari kiri ke kanan: Syarifudin Ila, Nurdin Duke dan H. Ramlan Ifran

Dari kiri ke kanan: Syarifudin Ila, Nurdin Duke dan H. Ramlan Ifran

BITUNG-Sebanyak 103 jemaah Haji Kota Bitung, yang telah siap untuk melaksanakan Rukun kelima umat Muslim yakni menunaikan Ibadah Haji di Tanah Suci Mekkah, Rabu (2/9), bertempat di Mesjid Almuttaqien Kelurahan Girian, dilepas keberangkatannya oleh Walikota Bitung Hanny Sondakh.

Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bitung, H. Ramlan Ifran kepada manadoline.com, Rabu (2/9), mengatakan bahwa untuk tahun ini dari sisi kuantitas ada peningkatan jumlah kuota Haji di Bitung menjadi 104, Pria 42 dan Wanita 62 tetapi yang berangkat 103 karena 1 orang sakit. Sedangkan dari sisi kualitas masih sama dengan tahun-tahun lalu, didominasi oleh orang-orang tua atau yang telah berusia lanjut.

“Dari sisi Kuantitas bertambah Kualitas tetap, dalam arti ada penambahan Kuota jemaah Haji Kota Bitung, dimana sebelumnya dibawah seratus orang, tahun ini menjadi 104, tetapi dari sisi kualitas masih tetap didominasi oleh orang yang telah lanjut usia sekitar 70%, generasi muda hanya 30%,” jelas Ifran.

Ia menambahkan, kedepan generasi muda bisa mengambil bagian dalam melaksanakan Rukun Islam kelima yakni menunaikan Ibadah Haji. Alasannya, berdasarkan pengalaman saat naik Haji pada tahun 2011, suhu siang hari di tanah Suci Mekkah mencapai empat puluh satu derajat celsius, malam hari udaranya sangat dingin.

“Dari kondisi suhu seperti ini saja, sangat berpengaruh bagi kesehatan para jemaah apalagi kalau sudah usia lanjut, belum lagi pelayanan makanan untuk kelas reguler, dimana kita harus antri untuk mengambil makanan, ini bentuk tantangan lain dari sekian banyak tantangan bagi tamu Allah di tanah Suci,” ungkapnya.

Ifran berharap, kedepan para generasi muda sejak dini sudah mempersiapkan diri untuk menunaikan Ibadah Haji, karena ini wajib hukumnya. Yang tertua dalam rombongan jemaah Haji Kota Bitung untuk tahun ini Sayuri 71 tahun dan termuda Sri Wulandari Sakir 21 tahun. (jones)

IKLAN
loading...