IKISST Apresiasi GSVL-MOR, Tulude 2019 Sukses, Plus Masuk Agenda Tahunan Pemkot Manado

MANADO – Kepemimpinan Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor Bastiaan (MOR) terkait pembangunan daerah yang kaya akan suku budaya, banjir apresiasi.

Kali ini datang dari masyarakat Nusa Utara, memberi pujian dan ucapan terima kasih kepada GSVL-MOR, karena telah menyukseskan acara adat Tulude 2019. Bahkan ramai dipadati pengunjung baik dari masyarakat Nusa Utara yang sudah menetap di Kota Manado maupun masyarakat bukan asli Nusa Utara.

Seperti yang disampaikan Ketua Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) Urbanus Naharia, menyampaikan terima kasih, sebab acara adat Tulude masuk agenda tahunan Pemkot Manado.

“Terima kasih pak Walikota dan Wakil Walikota yang sudah menetapkan budaya adat Tulude dalam agenda tahunan Pemkot Manado adalah seuatu hal yang sangat istimewa. Terutama menjadi salah satu ujung tombak promosi pariwisata Pemkot Manado,” ujar Naharia.

Tambahnya, acara Tulude saat ini sangat meriah dan dan dinikmati oleh seluruh masyakat Nusa Utara yang hadir maupun warga lainnya yang ada di lokasi acara. “Nantinya, kekururangan dari pergelaran acara ini akan kami mantapkan dan sempurnakan pada Tulude 2019 mendatang. Dimana semua adat dan budaya yang ada di manado akan kami tampilkan untuk memeriahkan acara ini,” sambung Naharia.

Sementara, Walikota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan turut bangga masyarakat Manado, asli Nusa Utara, terlihat sangat senang mengikuti acara ini.

“Acara adat tulude kami sudah masukan dalam agenda tahunan Pemkot Manado. Sebab, Tulude ini bagian dari merah putih dan pantas untuk dilestarikan. Untuk itu kita semua warga Kota Manado mari torang baku-baku bae, baku sayang dengan baku jaga. Jaga kedamaian dan budaya kita untuk tetap dilestarikan. Buktikan kalau manado ini aman dan damai, seperti label Kota Manado saat ini sebagai kota toleran,” tandas Walikota Vicky Lumentut.

Dalam acara Tulude tersebut turut didoakan antar tokoh agama serta hadir beragam penampilan seni budaya, seperti musik Qasidah, Barongsai, Vokal grup Gereja, koor dan masamper.

Turut hadir dalam acara ini Ketua TP-PKK Manado Prof Julyeta Runtuwene, Wakil Ketua TP-PKK Imelda Markus, jajaran Kepala Perangkat Daerah Pemkot Manado, Anggota DPRD Kota Manado, Akademisi, unsur BKSAUA, FKUB, Forkompinda dan tokoh-tokoh masyarakat dari Nusa Utara. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020