Infrastruktur Buruk Jadi Penyebab Terjadinya Banjir di Manado

Anggota Komisi III DPRD Kota Manado, Lucky Datau. (hcl)

MANADO – Legislator Manado, Lucky Datau menyoroti buruknya sejumlah infrastruktur yang menjadi penyebab genangan air dan banjir di sejumlah wilayah.

“Sekali lagi saya katakan, buruknya drainase dan gorong-gorong jadi penyebab terjadinya banjir di daerah,” sebut Lucky Datau kepada wartawan, Selasa (03/03/2020).

Dia menuturkan, pekerjaan yang dilakukan oleh pihak ketiga menjadi tidak beres karena instansi terkait tidak melakukan pengawasan, sehingga dikerjakan dengan tidak benar.

Drainase yang memiliki fungsi sebagai tempat pembuangan air secara alami, justru tidak berfungsi dengan baik untuk mengalirkan air.

“Bagaimana bisa berfungsi dengan baik, kalau drainasenya tidak dikerjakan dengan baik sesuai dengan fungsinya. Ini akibat kelalaian intansi terkait dalam mengawasi pekerjaan oleh pihak ketiga,” jelasnya.

Datau kemudian mengemukakan fungsi drainase semakin diperburuk dengan adanya sumbatan sampah-sampah termasuk adanya sedimentasi yang terkesan tidak ada penanganan dari instansi terkait.

Politisi PAN itu menambahkan pada kondisi buruk infrastruktur drainase, harusnya instansi terkait secara rutin memberikan drainase dari tumpukan sampah dan sedimentasi. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020