Ini Bunyi Laporan Panitia di Closing Ceremony, Bart Assa : Terima Kasih ‘Kapal’ Manado Fiesta Sukses Berlabuh

Penjabat Sekda Manado Bart Assa saat membawakan laporan panitia Manado Fiesta 2018.
Penjabat Sekda Manado Bart Assa saat membawakan laporan panitia Manado Fiesta 2018.

MANADO – Walikota Manado GS Vicky Lumentut melalui Penjabat Sekretaris Daerah Kota Manado Bart Assa dalam laporannya sebagai Ketua Panitia Pelaksana Manado Fiesta 2018 dalam acara Closing Ceremony Manado Fiesta, Sabtu (8/9), bertempat di kawasan pohon kasih Megamas, mengucapkan terima kasih kepada semua partisipan.

Dalam kesempatan itu, Penjabat Sekda Bart Assa menyampaikan terima kasih kepada Walikota Manado GS Vicky Lumentut bersama Ibu Prof Dr Paula Runtuwene Lumentut, bapak Wakil Walikota Manado Mor Bastiaan beserta ibu Imelda Markus dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Manado, para tamu undangan, serta teman semasa kuliah di Jepang yang hadir di penutupan Manado Fiesta.

“Masyarakat kota Manado, mewakili seluruh panitia pelaksana kegiatan Manado Fiesta tahun 2018, ingin menyampaikan laporan sejak tanggal 31 Agustus sampai dengan hari ini sekaligus menyampaikan bahwa besok hari adalah hari terakhir rangkaian Manado Fiesta yaitu perayaan Thanksgiving atau pengucapan kota manado,” ujar Assa.

Assa pun mengevaluasi dan mengatakan kepada seluruh jajaran pemerintah kota manado terlebih kepada Dinas Pariwisata dan Dinas Pemuda dan Olahraga untuk merefleksi diri untuk Manado Fiesta 2018 ini. Banyak hal yang perlu dipertahankan dan ada pula yang Perlu diperbaiki. Hal-hal tersebut menjadi lebih mudah untuk dikerjakan pada tahun ini karena ketenangan, kesabaran dalam kepemimpinan Bapak Walikota yang selalu memberi motivasi untuk panitia, bertekad mensukseskan kegiatan Manado Fiesta ini.

“Saat itu meski bagaikan kapal bermuatan berat, kapal yang bermuatan keberagaman di tengah samudra bergelora yang serasa akan tenggelam diterpa gelombang namun dengan ketenangan dan optimis akhirnya pada tanggal 31 Agustus 2018 kapal dapat labuhkan di dermaga Fisco dengan gagah, penuh dengan percaya diri, untuk berlayar kembali di tahun 2018,” papar Assa.

Lanjut dikatakan, para nakhoda dari BKSAUA dan FKUB serta Forum Kebangsaan adalah para nakhoda bersama pemuka agama memimpin doa keselamatan. Terlihat banyak masyarakat dan peserta yang mengiringi kapal karnaval tumpah ruah menyisiri mengisi sisi kiri kanan kapal dipenuhi keanekaragaman biota laut yang melambangkan suku, etnis, dalam kesatuan kapal besar rumah kita bersama Kota Manado.

“Adapun barisan Paskibraka dan marching band yang mengiringi kapal-kapal, keindahannya terlihat dalam deretan 43 mobil hias yang menceritakan keindahan laut Kota Manado, teriakan-teriakan indah, dukungan dari dinas-dinas dan badan-badan Kota Manado, juga Kecamatan bahkan Kelurahan dan lingkungan, serta sekolah-sekolah yang turut menyemarakkan karnaval di sepanjang perjalanannya menuju pelabuhan hiasan akhir,” terang Sekda Assa.

Saudara-saudaraku, Tak Kenal Maka Tak Sayang, ribuan generasi muda yang sering haus akan informasi sarat dengan dinamika dan optimis menyongsong masa depan yang lebih baik serta niat untuk mengekspresikan kreativitas yang disalurkan melalui funtastic festival, kombinasi tradisi yang dipersembahkan melalui lomba lomba Masamper, Kolintang, serta atraksi-atraksi yang sangat disukai orang muda melalui lomba paduan suara, Stand Up Comedy, lomba band, dan lainnya yang diabadikan oleh orang-orang muda di dalam kompetisi video dan foto. Ini diharapkan agar generasi muda akan lebih mencintai budayanya sendiri, khususnya budaya Sulawesi Utara.

“Meski terlihat layar persaingan tapi semua itu bersatu dalam satu kesatuan, dalam lautan persahabatan dan kebersamaan yang mampu menerima angin dan gelombang untuk mencapai tujuan bersama. Berkeinginan mengarungi lautan bersatu menunjukkan kepada dunia begitu banyaknya potensi industri Kota Manado yang akan menghasilkan banyak kebahagiaan dalam hidup,” ucap Assa.

Assa pun melanjutkan, dalam satu rangkaian kegiatan atau pameran, disana ada dinas pertanian dan UMKM dan perkumpulan-perkumpulan diving center dan lain-lain sebagainya.

Pemerintah Kota Manado mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, sebab semakin banyak orang yang ikut serta dalam kegiatan, dengan 5.000 kacamata dibagikan untuk anak-anak untuk meningkatkan minat baca serta 10. 000 peserta periksa mata gratis di berikan bagi warga Manado.

“Semoga kita bertemu di tahun mendatang dengan kegiatan yang lebih baik. Terima kasih semua yang sudah berpartisipasi, mendukung kegiatan selama dari tanggal 31 Agustus sampai dengan hari ini. Terima kasih untuk Bapak Walikota dan Ibu, Bapak Wakil Walikota dan Ibu, Forkopimda Sulut dan seluruh pejabat pemerintah kota Manado yang sudah mendukung suksesnya kegiatan ini. The last but not least, terima kasih event organizer,” pungkas Sekda Assa.

Penulis : stenlybeteng.

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020