Ini Cerita Dibalik Walikota GSVL Hibahkan 27 Homestay Untuk Masyarakat Bunaken

Walikota Vicky Lumentut saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Homestay di Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan.

MANADO – Semringah masyarakat Pulau Bunaken tidak bisa dibendung pasca Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan bersama-sama memotong pita tanda diresmikannya ke-27 homestasy, Jumat (1/3) kemarin.

Pemberian hibah yang dana pembangunannya dianggarkan lewat APBD Pemkot Manado ini, merupakan satu-satunya terobosan yang pernah ada di Indonesia, sesuai data dari Kementrian Pariwisata RI. Tidak dipungkiri, sejumlah 27 Kepala Keluarga (KK) dengan taraf hidup ekonomi rendah pun terbantukan lewat ide brilian ini. Penasaran sejumlah kalangan pun bertanya, hal apakah yang melatarbelakangi ide pemberian hibah ini  ?

Walikota Vicky Lumentut yang kala itu melihat senyum diwajah masyarakat Kelurahan Bunaken, terlebih khusus bagi warga yang menerima bantuan homestay ini, ikut senang. Besar hati dan kecintaannya pada masyarakat dibuktikan lewat pemberian hibah itu.

“Potensi pariwisata yang ada di Pulau Bunaken sangat luar biasa dampaknya. Tapi itu tidak berarti bagi warga yang taraf hidupnya masih dibawah. Oleh sebab itu, lewat hibah pembangunan homestay yang dananya diambil dari APBD, kami berharap masyarakat di Pulau Bunaken bisa merasakan dan terlibat secara langsung dalam mengelolah aset pariwisata yang ada,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

Lanjut dikatakan, kasihan selama ini masyarakat Pulau Bunaken hanya menjadi penonton ditempat tinggalnya sendiri. Melihat ramainya turis berdatangan, aktivitas pariwisata yang terjadi disekitar mereka, tapi belum bisa mereka nikmati secara langsung.

“Sebab itu, dengan adanya hibah ini masyarakat Pulau Bunaken tidak lagi menjadi penonton di tempat tinggalnya sendiri. Dimana, masyarakat sudah secara langsung terlibat dalam mengelola dan membangun pariwisata dilingkungan sekitar mereka. Sehingga, selain dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, juga dapat meningkatkan pendapatan per kapita warga setempat,” pungkas Walikota Vicky Lumentut. (swb).