IKLAN

Ini Ide Gubernur Sulut untuk “Pekarangan Tidur” Dijadikan Hasil Rempah


Perwakilan TP-PKK masing-masing Kab/Kota hadir saat temu

Perwakilan TP-PKK di masing-masing Kab/Kota hadir saat temu kader perempuan perdesaan tingkat Provinsi yang dibuka Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Selasa (30/8) pagi tadi (foto:Kandi/ML)

MANADO-Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey ingatkan seluruh anggota Tim Penggerak PKK Provinsi maupun Kabupaten/Kota memaksimalkan pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

Hal ini dikatakan Gubernur saat Temu Kader Perempuan Perdesaan Tingkat Sulut di Aula Mapalus Kantor Gubernur, Selasa (30/8).

Dengan menanam bahan kebutuhan pokok. Contoh dengan kenaikan harga rica (cabe) di pasaran sangat mempengaruhi angka inflasi di daerah,”katanya.

Gubernur juga selaku Ketua Dewan Penyantun TP PKK Sulut ini mengajak semua ibu-ibu terutama kader perempuan seluruh anggota Tim Penggerak PKK Provinsi maupun Kab/Kota untuk semaksimal mungkin gunakan lahan tidur untuk hal bermafaat.

“Bila perlu ibu-ibu tidak usah ke pasar, semua bahan-bahan atau rempah-rempah untuk dapur langsung dipetik di kebun atau pekarangan” ujarnya.

Contoh sederhana ini bisa memberikan dampak besar bagi pengendalian inflasi di daerah dan tentunya pemerintah pusat terus memantau kemampuan daerah dalam mengendalikan inflasi.

Gubernur juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi akan membuka 400 ribu hektare untuk pemanfaatan tanaman jagung, rata-rata tiap kabupaten kota mendapat jatah 30 sampai 40 ribu hektare.

Tidak hanya itu, penyediaan bibit, pupuk serta penjualannya akan difasilitasi Pemprov. Ini menjadi tantangan bagi TP PKK Sulut,”kunci Olly kepada Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-sulut, Kepala BPMPD Sulut Ir Muhammad Rudy Mokoginta MSi, sejumlah pejabat lingkup Pemprov. (srikandi/Hm)

IKLAN
loading...