IKLAN

HARUS TERUKUR BERDASARKAN DATA

Ini Intervensi Sosial PMKS Program ODSK


Rapat koordinasi pemutairan data kemiskimam " Penyandang masalah kesejajteraan sosial (PMKS) dan potensi sumner kesejahteraan sosial PSKS Dalam rangka ODSK

Rapat koordinasi pemutairan data kemiskimam “Penyandang masalah kesejajteraan sosial (PMKS) dan potensi sumner kesejahteraan sosial PSKS dalam rangka ODSK, belum lama ini (Foto:Kandi/ML)

MANADO-2015, angka kemiskinan Sulawesi Utara (Sulut) 8,98 persen berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). Dalam penanganan kemiskinan dan penyandang masalah kesejahteraan (PMKS) Pemerintah Provinsi (Pemprov) lakukan intervensi sosial.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sulut dr. Liesje. G. Punuh, M.Kes mengatakan berdasarkan pengamatan Dinsos penurunan angka kemiskinan pada 2021 sebanyak 1 persen dari 8,98 persen menjadi 7 persen. Kemiskinan didominasi daerah pedesaan,”jelas Punuh.

“Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2016-2021 yang harus dilakukan SKPD harus memasukkan program dan kegiatan. Diperlukan (Data Dasar) data kemiskinan dan data PMKS lainnya,”kata Punuh belum lama ini dalam Rakor pemutahiran data kemiskinan dalam Operasi Daerah-Selesaikan Kemiskinan (ODSK).

Diketahui, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menegaskan pengentasan kemiskinan dalam program ODSK harus berhasil sesuai rencana, agar kinerja dari pemerintah Kabupaten/Kota dapat terlihat.

Ia menambahkan, Para Bupati/Walikota harus berkoordinasi dengan Pemprov dan serius menuntaskan kemiskinan di daerah masing-masing, jangan hanya bekerja untuk pencitraan, harus bekerja untuk rakyat,”tegas Olly beberapa hari lalu. (srikandipangemanan)

IKLAN
loading...