IKLAN

Ini Jadual Tahapan Pilwako Manado 17 Februari, 2 M Anggaran Awal Mendesak Dibutuh KPU


Tahapan Pilwako Manado 17 Februari

Tahapan Pilwako Manado 17 Februari

MANADO – KPU Manado tak mau bergeming lagi dengan penetapan Pilwako Manado, 17 Februari nanti.

Setelah memenuhi permintaan Pemkot Manado terkait Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan anggaran Rp20 miliar yang dianggarkan dalam APBD Induk 2015, KPU langsung tancap gas menyelesaikan tugas mereka terkait tahapan 17 Februari nanti.

Disampaikan Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor sesuai keputusan KPU nomor 01/Kpts/KPU – Mdo – 023/ Pilwako/2016 tentang perubahan atau keputusan KPU Kota Manado nomor 01/Kpts/KPU -Mdo -023/ Pilwako/2015 tentang pedoman teknis tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan walikota dan wakil walikota Manado tahun 2915, usai pemungutan dan perhitungan suara di TPS pada 17 Februari, dilanjutkan dengan penetapan pasangan calon terpilih pada 29 Februari jika tdk ada permohonan perselisihan hasil pemilihan di MK .

Kemudian, 23 Maret penetepan dan pengumuman pasangan calon walikota dan wakil walikota terpilih pasca putusan MK (lengkapnya baca foto boks tahapan Pilwako Manado, red).

“Kami sudah rapat dan sudah sepakat 17 Februari  Pilwako Manado digelar. Bahkan kami sudah serahkan permohonan penambahan anggaran hibah sama-sama dengan LPJ Rp20 miliar anggara di APBD induk yang diminta Pemkot,” ujar  Wowor.

Permohonan penambahan anggaran hibah diminta KPU Manado untuk mengelar tahapan Pilwako Manado 17 Februari ini sebesar Rp8 miliar. Di kas KPU sendiri masih tersimpan anggaran kurang lebih Rp2 miliar, sisa dari Rp20 miliar yang dianggaran APBD induk 2015 lalu.

“Masih ada tersisa 2 miliar. Permohonan penambahan anggaran kami 8 miliar. Sebenarnya untuk awal 2 M anggaran sisa itu kalau sudah setujui Pemkot kami akan pakai untuk tahapan karena sudah mendesak. Sisanya 6 miliar lebih menunggu pencairan dari pemerintah kota,” jelas Sekretaris KPU Manado Novi Kandowangko saat sosialisasi tahapan Pilwako Manado 17 Februari di Swissbell Hotel, sabtu malam.

Saat ini tambah Ketua KPU Manado, Yusuf Wowor, KPU Manado masih menunggu surat permohonan penambahan anggaran dibalas pihak Pemkot Manado.

“Apakah disetujui atau tidak, KPU menunggu saja. Sebab KPU akan mengangkat kembali anggota KPPS serta mempersiapkan PPK dan PPS. Mereka perlu dibekali Bimtek. Kemudian menyiapkan formulir pendukung surat suara. Dan tak kalah pentingnya juga mensosialisasi ulang kepada pemilih,” tukas Wowor. (antoreppy)

IKLAN
loading...