Ini Penjelasan Pemkab Sangihe, Terkait Belum Adanya Pembangunan Pelabuhan di Mahengetang

Pulau Mahengetang Kecamatan Tatoareng Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Tahuna- Masyarakat Pulau Mahengetang mengeluh tentang tidak adanya bantuan dari pihak pemerintah pusat terhadap pembangunan pelabuhan di tempat mereka. Padahal hampir seluruh pulau yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, seperti Pulau Kalama, Pulau Para dan lainnya sudah mendapatkan bantuan pembangunan pelabuhan.

Hal ini pun sontak membuat kecemburuan dari masyarakat Pulau Mahengetang tehadap hal tersebut. Mereka seperti dianaktirikan, padahal seharusnya perhatian itu juga mereka dapatkan.

“Sudah beberapa kali kami melalui kapitalaung bermohon agar pemerintah dapat membangun pelabuhan di sini. Tapi sampai sekarang hal itu belum juga terlaksana. Kami mohon pemerintah pusat dapat mewujudkannya. Karena pastinya jika pelabuhan itu sudah dibangun, tentu dapat membantu kami masyarakat Pulau Mahengetang.” pinta Jhon warga Mahengetang.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Sangihe Frans Purawow dikonfirmasi media ini menyatakan kebingungannya, kenapa Pulau Mahengetang tak juga kunjung mendapat bantuan pembangunan pelabuhan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Sangihe Frans Purawow.

“Jujur sudah banyak sekali kita usulkan. Dan bapak bupati sudah empat kali memasuk proposalnya. Termasuk juga kemarin, dua minggu yang lalu kita antar proposal terkait dengan pelabuhan. Tapi memang jika mau dijadikan pelabuhan komersial, memang agak sulit.” ungkapnya.

Walaupun sulit dijadikan pelabuhan komersial, namun pihak pemerintah daerah tetap memperjuangkan hal tersebut, agar ada pembangunan pelabuhan di Pulau Mahengetang. Yakni dengan cara memasukkan pelabuhan Mahengetang ke kategori Pelabuhan Rakyat dan Pelabuhan Pariwisata.

“Jadi disitu alasan torang biar cepat, itu akan menjadi Pelabuhan Rakyat dan Pelabuhan Pariwisata. Mudah-mudahan hal itu dapat segera terealisasi. Kita akan tetap perjuangkan Pelabuhan Mahengetang agar segera dibangun dan juga Pelabuhan Tamako.” tegas Purawow.

Secara terpisah Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana juga menjelaskan duduk perkara, kenapa Pulau Mahengetang sampai saat ini belum juga mendapat bantuan pembangunan pelabuhan dari pemerintah pusat.

“Saya juga tidak tau apa alasannya, hingga saat ini Mahengetang tak mendapat bantuan pembangunan pelabuhan. Sudah beberapa kali kita masukkan proposal terkait pembangunan di sana. Tapi kita sudah berkonsultasi agar nantinya di Mahengetang dijadikan Pelabuhan Rakyat dan Pelabuhan Pariwisata. Mudah-mudahan itu bisa segera terealisasi.” jelas Bupati.