IKLAN

Ini Penyebab Sulut Gelap Gulita Semalam, PLN Suluttenggo Minta Maaf


foto: ilus

foto: ilus

MANADO – Aktifitas warga Kota Manado, Rabu (25/5) sore hingga tengah malam nyaris lumpuh menyusul Ibukota Provinsi Sulut ini gelap gulita akibat pemadam listrik oleh PLN.

Masyarakat bisa lega nanti menjelang dinihari, Kamis (26/5) setelah lampu listrik  kembali normal. Sesuai informasi dari PLN Suluttenggo, ternyata tak hanya Kota Manado mengalami pemadaman.

Pemadaman ternjadi di seluruh wailayah di Sulut, termasuk sebagian Gorontalo. “Terjadi gangguan transmisi 150 kV segmen Otam – Lolak, sehingga pasokan suplai listrik di sistem interkoneksi Sulawesi Utara – Gorontalo Terkendala,” jelas DM Hukum & Humas PLN Suluttenggo, Jantje Rau.

Kendala terjadi sekitar pukul 14.15 Wita (Rabu 25/5). Akibat pasokan listrik pada sistem kelistrikan Sulawesi Utara dan Gorontalo yang terhubung dalam satu interkoneksi transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi 150.000 volt (SUTT-150 kV) mengalami kendala berupa padam secara menyeluruh.

“Pemadaman di 3 sub sistem, yaitu : Minahasa, Kotamobagu dan Gorontalo,” kata Rau.

Menurutnya, gangguan transmisi 150 kV ini, menyebabkan sejumlah pembangkit besar yang ada mengalami padam dan lepas sinkron dari sistem. “Hal ini yang menyebabkan Pasokan Suplai Listrik di Sistem Interkoneksi Sulawesi Utara – Gorontalo terkendala (padam),” ujarnya.

Untuk itu, PLN Suluttenggo memohon maaf kepada seluruh pelanggan dan masyarakat atas ketidaknyamanan yang harus dialami pelanggan.

“Mohon kesabaran dan juga dukungannya agar upaya pemulihan suplai listrik dapat berjalan secepatnya,” kata Rau.

Untuk pemulihan tahap awal, sistem Minahasa, Kotamobagu dan Gorontalo beroperasi secara terpisah (isolated), sehingga banyak penyulang yang mengalami padam.

“Saat ini, kondisi suplai listrik di Minahasa, Kotamobagu dan Gorontalo secara bertahap mulai dapat dipulihkan,” ungka Rau.

Menurutnya, petugas PLN baik di pembangkit, pengatur beban transmisi hingga di sisi distribusi saat ini masih terus bekerja dan fokus pada upaya pemulihan sistem termasuk menghidupkan kembali sejumlah pembangkit yang sempat padam dan terlepas dari sistem. (kandi/*)

IKLAN
loading...