Ini Permintaan Pedagang Pasar Tuminting ke Wali Kota Terkait Relokasi ke Buha

Cristina Nano, salah satu pedagang Pasar Tuminting mempertanyakan nasib mereka ketika direlokasi ke Pasar Buha.

MANADO – PD Pasar Manado salut niat baik para pedagang Pasar Tuminting mendukung program Pemkot Manado terkait rencana relokasi mereka ke pasar baru di Kelurahan Buha, Kecamatan Mapanget.

Ini terungkap saat sosialisasi kedua kalinya oleh PD Pasar di kantor Kecamatan Tuminting, Senin (10/2/2020) yang dipandu Camat Tuminting, Bonix Suweho.

“Rata-rata mereka siap direlokasi. Ini kami salut tak seperti relokasi sebuah pasar sebelumnya yang kami lakukan,” kata Direktur Operasional (Dis Ops) PD Pasar, Tommy Sumelung dalam sosialisasi ikut dihadiri Ketua Dewan Pengawas PD Pasar, Max Bawotong, Sekcam Mapanget, Maikel Kapoh dan sejumlah pedagang pasar Tuminting.

PD Pasar sendiri rencana melakukan relokasi akhir Februari ini selesai dilakukan pendataan identitas pedagang untuk penempatan lahan atau lapak berjualan di pasar Buha.

Hanya saja ada beberapa permintaan para pedagang. Diantaranya infrastruktu pasar. “Kami melihat dinding pembatas, atau sekat terlalu tinggi. Bagaimana pembeli mau melihat jenis dagangan kita,” komplen Cristina Nano, pedagang keseharian berjualan sayuran bersama suaminya sebagai pedagang ikan.

Para pedagang Pasar Tuminting yang hadir saat sosialisasi PD Pasar terkait relokasi ke Pasar Buha.

Selain itu, kekuatiran para pedagang kurangnya pembeli yang datang sehingga menyebabkan penghasilan mereka menurun di banding saat beraktivitas di Pasar Tuminting.

Pedagang juga meminta subsidi pembebasan lahan atau lapak selama tiga bulan. “Dan kalau boleh relokasinya ke Pasar Buha selesai lebaran,” pinta sejumlah pedagang.

Tomsu, sapaan akrab Dir Ops mengaku akan menyampaikan permintaan para pedagang ke Wali Kota Manado. “Ini aspirasi yah. Kami sudah catat, nanti kami akan sampaikan ke Pak Wali Kota selaku pengambil keputusan,” pungkasnya. (ant)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020