IKLAN

Ini Pertanggungjawaban OD-SK Kepada Rakyat Selang 6 Bulan Pimpin Sulut (Bag-III)


Enam bulan sudah kepemimpinan OD-SK sejak 12 Februari s/d 12 Agustus 2016 di Bumi Nyiur Melambai Provinsi Sulawesi Utara. Berjuang dengan kerja dan dengan tulus ikhlas mempersembahkan kinerja terbaik kepada Rakyat Sulawesi Utara tercinta dari Miangas hingga Pinogaluman, melalui Visi, Misi dan Ringkasan Kinerja yang terpapar melalui laporan sebagai berikut:

VISI SULAWESI UTARA 2016-2021: 

Terwujudnya Sulawesi Utara yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik serta berkepribadian dan berbudaya

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven Kandouw

MISI SULAWESI UTARA 2016-2021

  1. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan memperkuat sector pertanian dan sumberdaya kemaritiman, serta mendorong sektor industry dan jasa;
  2. Memantapkan pembangunan sumberdaya manusia yang berkepribadian dan berdaya saing;
  3. Mewujudkan Sulawesi utara sebagai destinasi investasi dan pariwisata yang berdayasaing;
  4. Mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang tinggi, maju dan mandiri;
  5. Memantapkan pembangunan insfrastuktur berlandaskan prinsip pembangunan berkelanjutan;
  6. Mewujudkan Sulawesi utara sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan timur;
  7. Mewujudkan Sulawesi utara yang berkepribadian melalui tata kelola pemerintahan yang baik;

 

Ground Breaking DAS Tondano, Gubernur Menerima Medali Bintang Veteran RI, dan Wagub Melepas Kontingen Jamnas Sulut.

Ground Breaking DAS Tondano, Gubernur Menerima Medali Bintang Veteran RI, dan Wagub Melepas Kontingen Jamnas Sulut.

KESATUAN BANGSA DAN POLITIK:

Sesuai Permendagri Nomor 42 tahun 2015 tentang Pelaksanaan Koordinasi Penanganan Konflik Sosial, Dirjen Politik dan Pemerintahan Kementerian dalam Negeri telah melaksanakan evaluasi untuk periode b04 bagi pelaksanaan Rencana Aksi Penanganan Konflik Sosial tahun 2016 terhadap 34 (tiga puluh empat) Provinsi. Hasilnya Provinsi Sulawesi Utara mendapatkan rangking ke 4 Wilayah Indonesia Timur dan rangking ke 7 Nasional.

Sedangkan untuk situasi dan kondisi kantramtibmas di wilayah Provinsi Sulawesi Utara sampai dengan saat ini masih kondusif. Kondisi ini tercipta berkat kerjasama dan Koordinasi yang baik dengan mitra terkait (TNI, POLDA, Kejati, BINDA serta FKUB, FKDM,FPK dan Forum Ormas, Toga,Tomas, Tokoh Pemuda dan elemen masyarakat lainnya).

Pemprov Sulut Gelar Buka Puasa dengan Umat Islam di Kota Manado Selasa 7 Juni 2016

Pemprov Sulut Gelar Buka Puasa dengan Umat Islam di Kota Manado Selasa 7 Juni 2016

OTONOMI DAERAH:

Dimana hubungan antara pemerintah/ekseskutif dengan legislatif telah berlangsung dalam kerangka hubungan kemitraaan yang harmonis sesuai perundang-undangan, dalam semester pertama tahun 2016 ini telah dihasilkan 2 Peraturan Daerah, 22 Peraturan Gubernur, 155 Keputusan Gubernur fasilitasi proses administrasi pejabat negara di daerah, serta proses pemekaran kecamatan di Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Bolang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. untuk urusan pemerintahan umum, ditandai dengan peningkatan kualitas hubungan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dalam mengantisipasi berbagai isue strategis daerah dan terfasilitasinya proses penyelesaian batas wilayah pada beberapa kabupaten/kota.

Disamping itu, pemerintah provinsi berhasil mendorong pemerintah pusat untuk memberikan perhatian khusus terhadap wilayah perbatasan, pulau-pulau kecil dan terluar. Segmen batas yang ada di Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sudah ada beberapa Segmen terselesaikan untuk proses Permendagri yaitu: Batas Kab. Bolaang Mongondow Timur dengan Kab. Minahasa Tenggara, Kab. Bolaang Mongondow dengan Kab. Bolaang Mongondow Selatan, Kab. Minahasa Utara dengan Koota Manado, sementara untuk segmen batas yang akan direkomendasikan Pemerintah Prov. Sulut ke Kementerian Dalam Negeri yaitu: Segmen Batas Kab. Minahasa dengan Kota Tomohon, Kab. Minahasa dengan Kab. Minahasa Selatan, Kota Kotamobagu dengan Kab. Bolaang Mongondow. Yang sudah diterbitkan Permendagri dan telah diserahkan yaitu: Segmen Batas Kab. Bolaang Mongondow Timir dengan Kab. Bolaang Mongondow Selatan, Kab. Minahasa Tenggara dengan Kab. Minahasa, Kota Kotamobagu dengan Kab. Bolaang Mongondow Timur, Kab. Bolaang Mongondow dengan Kab. Minahasa Selatan, Kab. Bolaang Mongondow dengan Kab. Bolaang Mongondow Utara dan Kab. Minahasa Utara degan Kota Bitung.

Kunjungan Kerja Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs. Steven Kandouw di Pulau Terluar Kabupaten Talaud (Pulau Marampit dan Kabaruan)

Kunjungan Kerja Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs. Steven Kandouw di Pulau Terluar Kabupaten Talaud (Pulau Marampit dan Kabaruan)

KELAUTAN DAN PERIKANAN:

  • Jumlah Produksi Perikanan sampai dengan bulan Juli 2016 telah di capai 530.100,9 Ton yang terdiri dari produksi perikanan tangkap 95.645,9 Ton dan produksi perikanan budidaya 434.455.
  • NTN Nelayan bulan Juni 2016 sebesar 101,12 meningkat 1,08 persen pada bulan Juli 102,94 persen, sedangkan NTN sektor perikanan Budidaya Bulan Juli menurun sebesar 0,34 persen dari 93,26 persen bulan Juni menjadi 92, 95 pada Bulan Juli.

PERTANIAN DAN PETERNAKAN:

Capaian produksi komoditas tanaman pangan sampai dengan bulan Juli 2016 sudah lebih dari 57,69%, capaian produksi ini diperoleh dari panen pada musim panen Januari-Juli. Sementara untuk hortikultura yang produksinya berorientasi agribisnis, rata-rata pencapaian produksinya sudah diatas 41,35%.

Pencapaian produksi peternakan rata-rata sudah diatas 50,01% dalam bentuk ketersediaan daging siap dipotong, data ini diperoleh dari konservasi populasi ternak yang umurnya siap potong ke produksi daging.

Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi Manado, ikut mewujudkan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK)

Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi Manado, ikut mewujudkan program  Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK)

PERKEBUNAN:

Telah terfasilitasinya sarana produksi yaitu pupuk NPK (500 Ton) untuk meningkatkan produktifitas tanama perkebunan, terlaksananya pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), perluasan areal perkebunan di 3 kabupaten (Minahasa, Minsel dan Mitra), tersalurkannya bantuan UPH minyak kelapa skala keluarga, 10 unit (80%) di Minahasa Utara, Bolaang Mongondow, Minahasa Selatan; UPH Kopra 10 unit (100%) di Bitung, Minut, Minahasa, Minahasa Tenggara, Minsel; UPH gula semut 12 unit (50%) di Minahasa Selatan, Kotamobagu, Tomohon;UPH pengering pala 2 unit ( (100%) di Minahasa Utara.

 Rangkaian Kegiatan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri di Tomohon dan Manado


Rangkaian Kegiatan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri di Tomohon dan Manado

KEHUTANAN:

Pengadaan bibit untuk untuk peningkatan peran serta masyarakat dalam rehabilitasi hutan dan lahan di 9 Kabupaten/Kota sebanyak 208.000 bibit. Perubahan fungsi sebagain Cagar Alam Gunung Ambang menjadi Taman Wisata Alam (TWA), Hutan Lindung (HL) dan Hutan Produksi Terbatas (HPT). Usulan ± 3.379,97 Ha untuk pembangunan aksebiltas jalan Desa Tuduaog, Desa Kolingangaan, Pembagunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) Mopuya, aksesbilitas jalan Desa Sinsingon – Desa Manumbo. Dan Pembangkit Listrik Pertamina Geothermal Energi (PGE) dan kebun Hotikultura di Kab. Bolaang Mongondow dan Bolaang Mongondow Timur. Realisasi sesuai rekomendasi dari Tim Terpadu (TIMDU) seluas 3.232,73 Ha, serta Mengikuti pameran Indogreen Expo 2016 yang dilaksanakan pada tanggal 25 – 29 Mei 2016 di Jakarta

KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA:

Pelaksanaan promosi pariwisata di luar daerah (Kemilau Sulawesi di Bandung(25-27 Maret 2016), Deep Extreme di Jakarta (31 Maret-3 April 2016), Kuliner Nusantara di Jakarta (14-16 April 2016), Gebyar Wisata Nusantara di Jakarta (26-29 Mei 2016), Launching Tomohon International Flower Festival (TIFF) di Jakarta (29 Mei 2016)) dan Asian Pacific Choir Games yanga diikuti oleh beberapa Negara.

_DSC2518

Dubes Serbia Montenegro Jalin Kerjasama di sektor pariwisata dengan Pemprov Sulut

PENDIDIKAN PELATIHAN DAN KEPEGAWAIAN:

Untuk pembinaan dan pengembangan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN), dijabarkan sebagai berikut :

  • Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan Tingkat IV di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pola Kemitraan dengan Kab/Kota se Provinsi Sulawesi Utara tahun 2016 dilaksanakan sebanyak 13 kegiatan diklat dengan total jumlah peserta sebanyak 509 orang peserta.
  • Diklat Prajabatan CPNS Kategori 2 dan Umum di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pola Kemitraan dengan Kab/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara s/d Agustus 2016 sebanyak 10 kegiatan diklat, dengan total jumlah peserta 1.386 peserta.
  • Diklat Teknis dan Fungsional telah dilaksanakan 4 kegiatan Diklat dengan jumlah peserta 141 ASN.
  • Terjaringnya 26 Orang Praja hasil seleksi yang melaksanakan pendidikan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dari total 537 peserta yang mendaftar di tahun 2016.
OD-SK Launching E-Perda Jumat 20 Mei 2016

OD-SK Launching E-Perda Jumat 20 Mei 2016

Akhirnya, segala upaya melalui ide-pemikiran dan tenaga dengan kerja keras telah Kami kedepankan untuk membangun Provinsi Sulawesi Utara Tercinta pada enam bulan ini, dan secara umum harus diakui telah memberi kemajuan dan keberhasilan. Namun sangat disadari juga masih dijumpai program dan kegiatan yang perlu ditingkatkan kinerjanya. Hal ini merupakan dinamika dalam setiap proses pembangunan, tetapi yang pasti setiap keberhasilan akan makin memotivasi Kita untuk terus berbuat dan berkarya bagi kemajuan daerah tercinta, dan setiap kegagalan dan kekurangberhasilan akan senantiasa menjadi pembelajaran yang berarti untuk perbaikan dan penyempurnaan di tahun-tahun mendatang.

(ADVETORIAL/HUMAS PEMPROV SULUT)

 

IKLAN
loading...