Ini Rangkaian Tes Dijalani Ratusan Pelajar SMP  dalam Program ‘Identifikasi Minat & Bakat Olahraga’

MANADO – Usai melakukan pengukuran badan dalam mengidentifikasi Minat dan Bakat Olahraga pelajar SMP se Kota Manado yang dilakukan Pemkot Manado melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), panitia teknis langsung melakukan serangkai tes.

Antara lain, tes lari 40 meter hingga 60 meter untuk mengetahui percepatan dan kecepatan atelt. Kemudian tes shocken ke belakang untuk mengukur power dan koordinasi otot lengan.

Tes Sit and Reach untuk mengetahui kelentukan batang tubuh/togok atau sendi panggung, tes lompat tegak dalam mengukur kemampuan untuk meloncat dalam arah veritikal.

Para pelajar SMP sedang menjalani rangkaian tes untuk mengetahui bakat olahraga mereka. (foto-foto: aba/dispora)

Tes 3 Hop (kanan dan kiri) yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan power otot tungkai. Selain itu, para pelajar SMP ini juga menjalani tes frekuensi langkah selama 30 detik. “Tes ini untuk mengetahui banyaknya frekuensi langkah calon sprinter,” jelas Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Manado, Pontiwuisang Kakauhe mewakili Kadispora, Laurens Umboh.

Menurutnya, dalam mengidentifikasi minat dan bakat olahraga anak usia dini, ada rumus dan standar tes. “Misalnya atlet pemula putra usia 15 tahun ke bawah dan pemula putrid 15 tahun kebawah. Semuanya ada standar tes,” pungkas Ponto yang pelatih kepala di Sekolah Menengah Atas Negeri Keberbakatan Olahraga (SMANKOR) Sulut di Desa Kawangkoan. ***

Penulis: antoreppy

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020