Ini Rincian Penilaian LAKIP Pemkot Manado Kategori B dari KemanPAN-RB

LAKIP 2016 OK-yes

JAKARTA – MenPAN-RB, Asman Abnur menegaskan, banyak dilakukan pemerintah daerah cara mempromosikan daerahnya tidak harus dengan biaya mahal, tetapi harus dengan kinerja.

Ini dikatakan MenPAN saat menyerahkan penilaian Laporan Akuntabiltasi Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) tahun 2016 kepada sejumlah daerah di Hotel Santika Premer Jogyakarta, Senin (6/2/2017), termasuk Kota Manado.

“Hanya dengan kerja, kita mampu. Ini program wajib dilakukan pemerintah daerah selama saya menteri. 2019 nanti, saya tidak mau ada daerah yang punya lingkaran CC,” tegas MenPAN.

lakip 2016-1
MenPAN-RB, Asman Abnur menyerahkan penghargaan LAKIP 2016 dengan kategori B kepada Wawali Manado, Mor Bastiaan

Pemkot Manado sendiri mendapat nilai B. Yang menerima pengharagaan tersebut Wawali Manado, Mor Bastiaan diserahkan langsung MenPAN-RB. Manado sudah yang keempat kali berturut-turut mendapat penilai B LAKIP untuk 2016 ini.

Berdasarkan hasil evaluasi KemenPAN-RB, Pemkot Manado mendapat bobot nilai 68,32 karena dinilai tingkat efektivitas dan efesiensi penggunaan anggaran sudah cukup baik jika dibandingkan dengan capaian kinerja.

Ini disebabkan oleh pembangunan budaya kinerja birokrasi, dan penyelenggaraan opemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemkot Manado sudah mulai berjalan namun masih memerlukan perbaikan labih lanjut.

Tujuan evaluasi ini dijelaskan MenPAN, menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) dalam rangka penggunaan anggaran.

“Ini dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil serta memberikan saran dan perbaikan yang diperlukan. Kedepan daerah hasil menunjukan penilaan B dan A,” ujar MenPAN. (antoreppy)

 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020