Ini Riwayat Hidup Uskup Manado Yang Baru Mgr Rolly Untu MSC

SIAP MELAYANI : Tampak foto setelah pentahbisan Uskup Mgr Rolly Untu MSC saat memberi berkat. Foto lain, Uskup memimpin Misa I di Gereja Katolik Hati Tersuci Maria Katedral, Minggu (9/7).

MANADO – Kepemimpinan Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC sebelum ditahbiskan menjadi Uskup di Keuskupan Manado, bisa dikatakan karirnya sudah dikenal banyak orang. Tidak heran, jika yang bersangkutan saat ini dipercayakan memimpin umat Katolik di Keuskupan Manado.

Dalam karirnya, Uskup Rolly Untu MSC bisa dikatakan sudah sangat berpengalaman dalam hal kepemimpinan. Buktinya, sejak Uskup sebelumnya Mgr Joseph Suwatan MSC mengumumkan penggantinya pada 12 April lalu, saat akan pensiun. Paus Fransiskus (Vatikan) sudah menunjuk Mgr Rolly Untu MSC untuk menahkodai Keuskupan Manado.

Dan setelah ditahbiskan, Sabtu (8/7), Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC langsung berkesempatan memimpin Misa I di Gereja Katolik Hati Tersuci Maria Katedral Manado, Minggu (9/7) pagi ini.

Diketahui, Uskup Manado yang baru, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC, lahir pada 4 Januari 1957 di Lembean, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara.

Setelah menyelesaikan pendidikan di Seminari Menengah Kakaskasen di Manado ia diterima menjadi calon imam dalam kongregasi Misionaris Hati Kudus Yesus (MSC) Indonesia di Manado.

Berikutnya, setelah menyelesaikan Novisiat dan menyelesaikan studi filsafat dan teologi, Romo Rolly mengikrarkan kaul kekal dalam kongregasi MSC pada 15 Januari 1983. Lima bulan kemudian ia ditahbiskan sebagai imam MSC oleh Mgr Theodorus Hubertus Moors, MSC pada 29 Juni 1983.

Setelah ditahbiskan, ia pun dipercayakan menjadi pastor pembantu dari Katedral Manado selang tahun 1983-1984. Berikutnya, menjadi pastor paroki Ratu Rosario Suci di Tuminting, di Keuskupan Manado pada tahun 1984-1985.

Setelah dua tahun berkarya di paroki ia mendapat tugas melanjutkan belajar untuk meraih gelar Diploma Spiritualitas di ‘Adhyatma Vidya Pitham di Bangalore, India pada 1985-1986.

Semenjak itu, ia pun menjadi pastor pendamping di Novisiat MSC di Karanganyar, Purwokerto pada 1986-1991, dan juga mengajar di Novisiat Novisiat MSC di Karanganyar mulai tahun 1989-1990. Tidak hanya itu, Ia juga sempat menjadi Pastor di Paroki St Yosef Pekerja, Karanganyar pada 1987-1991.

Selanjutnya, ia melanjutkan studi untuk Lisensi di Teologi Dogmatis di Universitas Katolik Leuven, Belgia pada tahun 1991-1994. Dan setelah meraih gelar Licenciat, ia bertugas di Sekolastikat MSC di Pineleng, Manado. Dimana, selain mendampingi para frater MSC di seminari MSC, Romo Rolly juga mengajar di Teologi Moral di Seminari Tinggi Hati Kudus Pineleng, Manado.

Jabatan lainnya, pernah menjadi Anggota Dewan Imam Keuskupan Manado selang 1995-2005. Sementara pada tahun 1996-1997, ia menjadi wakil Provinsial MSC Indonesia. Selain itu, juga sempat menjabat sebagai Wakil Direktur Sekolah Filsafat di Pineleng pada 1998-2002.

Sedangkan, untuk lingkup MSC, Mgr Rolly Untu MSC pernah menjadi Asisten provinsial MSC Indonesia pada 2005-2011. Setelah itu ia terpilih menjadi Provinsial MSC sebanyak dua periode dari tahun 2011-2017.

Dan pada 8 Juli 2017, bertempat di Stadion Maesa Tondano, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC, menerima pentahbisan dan resmi menjabat sebagai Uskup di Keuskupan Manado. (Stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020