Ini Tujuan DPKD Minsel Gelar Sosialisasi Kearsipan

Sosialisasi Arsip yang digelar DPKD Kabupaten Minsel.
Sosialisasi Arsip yang digelar DPKD Kabupaten Minsel.

AMURANG – Untuk meningkatkan pengetahuan tentang kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Minsel, Kamis (18/10/2018) melakukan sosialisasi Pengelolan Arsip di lingkungan Pemkab Minsel yang berlangsung di lantai IV Kantor Bupati Minsel.

Kegiatan sosialisasi itu dibuka Kepala DPKD Minsel, Joins Langkung. Menurutnya, sosialisasi ini untuk menjamin tata kelola arsip yang benar dan terciptanya sadar tertib arsip di Pemkab Minsel melalui DPKD. Baik itu arsip dinamis maupun arsip statis.

“Jadi tujuan dari pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Arsip yaitu agar terciptanya peningkatan pengelolaan dan penatausahaan arsip di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Minsel,” ungkap Lankung.

Dengan adanya sosialisasi ini Lankung mengharapkan, tatakelola arsip akan menjadi lebih baik, transparan dapat di pertanggung jawabkan, mudah dalam penemuan kembali arsip, terutama di lingkungan Pemkab Minsel.

Sosialisasi pengelolaan arsip ini dihadiri langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jani Lukas.

Dia menyampaikan, pemahaman sadar tertip arsip yang harus dimiliki oleh Pemkab Minsel ada 4 pilar kearsipan.

Pertama tata naskah dinas, kedua klasifikasi arsip,  ketiga sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip terakhir, jadwal retensi arsip.

“Arsip harus dikelola dengan baik, dengan cara mengimplementasikan hasil dari kegiatan sosialisasi pengelolaan arsip di OPD. Selain itu dasar hukum pengelolaan arsip, penganggaran, sarana dan prasarana serta SDM kearsipan. Jiks kehilangan arsip maka akan terkena sanksi,” ungkapnya. (dvd)