Intensitas Curah Hujan Meningkat, BPBD Sangihe Ingatkan Masyarakat Untuk Waspada

Kepala BPBD Sangihe Ir Rivo Pudihang.

Manadoline.com, Tahuna- Intensitas curah hujan sejak beberapa hari terakhir ini di sejumlah wilayah di Kabupaten Sangihe mengakibatkan longsor serta banyak pohon tumbang di tengah jalan. Imbasnya, pemerintah daerah dan masyarakat setempat harus ekstra kerja keras untuk melakukan pembersihan material longsor serta pohon tumbang.

Menyikapi hal ini Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe, Ir Rivo Pudihang mengatakan, memperhatikan kondisi cuaca pancaroba saat ini, diharapkan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah pegunungan, pantai serta di pinggiran sungai untuk selalu waspada.

“Jadi kami himbau kepada masyarakat, baik akan berkendara keluar kota maupun berjalan kaki menuju tempat yang di tuju hendaklah selalu waspada. Menghindari daerah- daerah yang rawan longsor , seperti tebing, tebing sungai maupun jalan- jalan yang rentan pohan roboh harus selalu berhati- hati,” ungkap Pudihang.

Disinggung sejauh ini sudah ada beberapa titik yang terdampak bencana tanah longsor serta pohon tumbang dan banjir, Pudihang mengatakan ada beberapa titik yang longsor namun sudah dapat di atasi.

“Seperti kemarin kami pantau di Manganitu ada longsor namun itu sudah bisa di lewati kembali oleh kendaraan. Bagitu juga di Kendahe ada longsor dan juga sudah bisa di atasi. Hingga hari ini belum ada kerugian material akibat longsor tersebut,” ujarnya sembari menambahkan pada prinsipnya Pemerintah Daerah selalu menghimbau kepada semua masyarakat untuk selalu waspada ketika terjadi bencana. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020