Ismail: Aplikasi Sirekap Antisipasi Potensi Pelanggaran Rekap C1-Plano

Komisioner KPU Manado, Ismail Harun menjadi pembicara dalam sosialisasi yang digelar di Swissbell Hotel. (Foto:ist)

Manadoline, Manado — Koordinator Divisi Sosialisasi, SDM, dan Parmas KPU Kota Manado, Ismail Harun mengatakan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang digagas oleh KPU Republik Indonesia merupakan tanggapan atas kekhawatiran masyarakat terhadap potensi pelanggaran pada C1-Plano.

“Aplikasi ini merupakan tanggapan atas keresahan publik terhadap potensi pelanggaran diubahnya rekapitulasi C1-Plano,” ungkap Ismail Harun dalam kegiatan sosialisasi yang digelar di Swissbell Hotel Manado, Rabu (28/10/2020).

Menurutnya, aplikasi Sirekap ini juga dapat meminimalisir penggunaan kertas, adanya kerumunan massa, termasuk potensi pelanggaran dalam rekap C1-Plano.

Lanjutnya, sistem dalam aplikasi ini adalah tinggal melakukan foto pada barcode, kemudian dishare kepada masing-masing saksi dan pengawas Tempat Pengumutan Suara (PTPS) kemudian hasilnya dapat diketahui bersama.

“Sirekap masih dalam bentuk draft dan telah disimulasi oleh KPU Manado. Kami berharap bisa segera diterapkan termasuk menunggu regulasi pemberlakuannya,” kuncinya. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020