Jabes Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana saat menjadi inspektur upacara Hari Sumpah Pemuda.

Tahuna- Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-91, Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar upacara di Bumi Perkemahan Angges Kelurahan Angges Kecamatan Tahuna Barat, Senin (28/10). Dan bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana.

Dalam sambutannya, bupati menegaskan dengan tema ‘Bersatu Kita Maju’ merupakan komitmen bagi seluruh masyarakat Sangihe, khususnya para pemuda. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, masyarakat atau pemuda Sangihe menjadi lebih berpengetahuan.

“Dengan tema ‘Bersatu Kita Maju’ menegaskan kembali komitmen yang dibangun dan diikrarkan oleh para pemuda pada tahun 1928. juga dalam persatuan, kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa, dengan perkembangan teknologi informasi menjadi dua mata pisau. Satu sisi dia memberikan tentang informasi, sehingga memungkinkan para pemuda kita meningkatkan kapasitas pengetahuan. Dalam pengembangan SDM.” kata Bupati.

Namun dari sisi yang lain lanjutnya, perkembangan teknologi ini memberikan dampak negatif bagi para pemuda. Seperti penyebaran informasi yang menyimpang dapat masuk dengan mudah.

“Infomasi-informasi negatif seperti pornografi, narkoba, pergaulan bebas serta radikalisme dan terorisme, sengan mudahnya masuk. Apabila para pemuda tidak dapat membendungnya dengan ilmu pengetahuan tentu hal ini bisa mengakibatkan pemuda salah langkah.” tambahnya.

Dirinya meminta kepada para pemuda, untuk dapat memiliki karakter yang tangguh agar tidak mudah disusupi hal-hal negatif, demi mencapai cita-citanya menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.

“Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh, memiliki karakter moral dan kinerja yang beriman dan bertaqwa, dan integritas tinggi, jujur, santun, disiplin, bertanggungjawab, pekerja keras, kerja ikhlas dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki intelektual dan skil agar dapat bersaing di kancah internasional. Tentunya dapat membanggakan keluarga, daerah serta bangsa Indonesia.” pinta Jabes.

Hal-hal yang disampaikan bupati diatas, sejatinya harus dimiliki oleh setiap individu. Namun menjadi keharusan bagi para pemuda, karena ditangan pemudalah, kedepannya Indonesia dapat maju menjadi negara yang sejahtera bagi masyarakatnya.

“Yang saya sampaikan diatas, perlulah dimiliki oleh setiap orang. Dan menjadi keharusan bagi setiap pemuda untuk dapat menjadi pemuda yang kreatif dan inovatif. Tentunya demi menjadikan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi negara yang maju. Serta dapat  mensejahterakan masyarakat, terbebas dari kemiskinan.” pungkasnya. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020