Jadi Komentator di Seminar Daring Kajian Smart City Pasca Sarjana ITB, Walikota GSVL : Smart City Harus Punya Aturan Sebagai Patokan Pengembangan

Walikota GSVL saat berkomentar dalam kegiatan seminar smart city yang dilaksanakan Pasca Sarjana ITB.

MANADO – Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) diundang menjadi tamu khusus dalam kegiatan Seminar Daring Kajian Smart City yang dilakukan mahasiswa Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung (ITB). Walikota berkesempatan hadir dengan cara komunikasi jarak jauh, yang bertempat di Cerdas Command Center (C3), Selasa (28/11), malam hari.

Kehadiran orang nomor satu di Manado dalam kegiatan seminar tersebut, berbarengan dengan Walikota Binjai H.M Idaham untuk berperan sebagai komentator. Keduanya melalui tele-conference dalam kegiatan seminar, masing-masing membahas topik Smart Regulation dan Smart Model & Standart terkait smart city.

Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL menjelaskan dalam membangun smart city, sebuah daerah harus mempunyai standar, aturan, patokan yang jelas dan benar. Hal ini dilakukan agar sebuah daerah dalam menerapkan smart city bisa terstruktur dalam melakukan pengembangan berkelanjutan kedepan.

Tampak tele conference Walikota GSVL secara langsung dalam acara seminar smart city.

“Untuk membangun smart city, seharusnya sebuah daerah memiliki aturan, patokan yang jelas dalam memulai dan menjalani. Hal ini sangat baik karena dapat berdampak bagi nasib smart city daerah untuk waktu yang akan datang. Dimana, dalam pengembangannya kedepan, bisa dilalui dan berproses secara terstruktur, sesuai dengan visi misi pembangunan daerah dalam menerapkan smart city,” tukas Walikota GSVL.

Sementara, Walikota Binjai HM Idaham mengatakan daerahnya juga sedang menerapkan smart city yang sementara dibangun saat ini. “Sama dengan di Manado, kita juga di Kota Binjai sedang menggunakan teknologi untuk menata pemerintahan,” singkat Walikota Idaham.

Tambahnya, menyebutkan Walikota GSVL sebagai ketua APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia). “Pak Vicky Lumentut ini adalah ketua saya,” ujarnya.

Diketahui, dalam dialog tersebut dipandu oleh Smart City and Community Inovation Center (SCCIC). Komentator lain yang diundang ialah Kompartemen Smart Regulation, Suhardi dan ketua Kompartemen Smart Model Arry Akhmad Arman dengan advisor Prof Suhono Harso Supangkat. (stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020