Jaringan Telekomunikasi di Sangihe Buruk

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs Ikhlis Sombonaung.

Tahuna— Kondisi Jaringan Telkomsel di wilayah Kabupaten Sangihe sudah  beberapa bulan terakhir sering mengalami gangguan, sehingga komunikasi via  telepon genggam, sms, dan juga akses internet selalu menjadi keluhan warga  masyarakat dimana secara keseluruhan hanya menggunakan provider telkomsel.

Menanggapi hal ini Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sangihe, Drs Irklis Sombounaung saat dikonfirmasi Senin (22/07) kemarin mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe sudah menyurat ke Pemerintah Pusat (Kementrian  Kominfo) terkait sering terjadinya ganggun jaringan Telkomsel.

“Terkait kondisi jaringan telkomsel yang timbul tenggelam di sangihe, dari  Dirjen Pos dan Penyelenggaran Informatika (PPI), dalam waktu dekat ini akan  menugaskan tim mereka untuk melalukan survei tentang keluhan masyarakat  mengenai kurang stabilnya jaringan telkomsel,”Ujar Sombounaung.

Menurut Dia, Ini merupakan informasi dan moment yang sangat baik, ketika  nantinya ada tim kementrian kominfo melalui staf Dirjen PPI bersama dengan  Badan Aksebilitas Informasi (BAKTI) akan melakukan survei.

“Setelah ada hasil survei, mereka akan mebawanya ke pusat, kemudian nantinya dikoordinasi dengan pihak telkomsel untuk segera memperbaiki jaringan di Kabupaten Sangihe,”ungkapnya.

Sombonaung menjelaskan pemkab sifatnya hanya menfasilitasi terkait banyaknya keluhan masyarakat mengenai jaringan yang sering mengalami gangguan, karena ini rananya bisnis (komersil).

“Jadi karena ini merupakan ranahnya bisnis, seperti telkomsel, indosat, dan  provider lainnya, Pemkab hanya dapat menfasilitasi untuk berkoordinasi  dengan pihak telkomsel agar dapat memperbaiki kinerja mereka, terkait  layanan Komunikasi ketika terjadi gangguan seperti yang sedang terjadi di  Kabupaten Sangihe sekarang ini,”Jelasnya.

Sombounaung berharap, masalah ini dapat segera teratasi karena jaringan  telekomunikasi sangat dibutuhnkan, bukan hanya kepentingan pribadi maupun  hanya kepada kepentingan masyarakat, tetapi pemerintah daerah juga sangat  membutuhkannya, sehingga kinerja dan pelayanan publik dapat berjalan dengan  baik. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020