Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Manado Buka Pendaftaran Panwascam

Komisione Bawaslu Manado, Heard Runtuwene dan Taufik Bilfaqih. (foto:hcl)

MANADO – Mulai Rabu 27 November 2019, Bawaslu Manado membuka pendaftaran calon panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk pemilihan Wali kota, Wakil Wali kota Manado, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tahun 2020.

“Besok, Rabu 27 November 2019 sudah dibuka pendaftaran calon panwascam,” kata Ketua Bawaslu Manado, Marwan Kawinda kepada wartawan di Manado.

Penerimaan calon Panwascam dibuka seluas-luasnya bagi masyarakat Manado minimal berumur 25 tahun, berijasah SMA dan memiliki KTP Manado serta melengkapi semua persyaratan yang sudah ditentukan.

Warga mulai melakukan pendaftaran calon Panwascam di Kantor Bawaslu Manado. (foto;hcl)

Mekanisme penerimaan calon Panwascam oleh Bawaslu Manado akan dilakukan secara transparan sejak tanggal 27 November sampai 3 Desember 2019.

“Siapa yang nantinya lolos secara administrasi akan diumumkan secara resmi melalui media, kemudian dipanggil dalam test wawancara dan tertulis,” ungkap Komisioner Bawaslu Manado, Heard Runtuwene yang juga Ketua Pokja Penerimaan Panwascam untuk Pilkada 2020.

Heard menjelaskan, calon yang lolos administrasi dan test wawacara wajib mengikuti test tertulis dengan system sokratif berbasis online serupa CAT penerimaan CPNS menggunakan laboratorium komputer di SMA Negeri I Manado tanggal 13-17 Desember 2019.

“Soalnya ada 150 yang harus diselesaikan dengan waktu 90 menit. Test online ini dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia oleh Bawaslu RI dan yang menentukan hasil test adalah Bawalu RI sendiri,” jelasnya.

Sementara itu Humas Bawaslu Manado, Taufik Bilfaqih mengajak masyarakat Manado ikut mensukseskan pemilihan Wali kota, Wakil Wali kota Manado, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tahun 2020.

“Bawaslu Manado mengajak semua masyarakat untuk ikut bergabung dan memastikan diri menjadi bagian dari elemen bangsa yang ikut mensukseskan pemilihan kepada daerah tahun 2020 mendatang,” singkatnya. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020