Jerry Sambuaga, Generasi Muda Sulut yang Dipercaya Jokowi Jabat Wamen

Jerry Sambuaga. (foto:ist)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo memanggil politisi Partai Golkar Jerry Sambuaga untuk menghadapnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (25/10/2019). Mantan Anggota Komisi I DPR RI itu dipercayakan mengurus perdagangan dan perjanjian Internasional.

Pemanggilan Jokowi kepada putra Sulawesi Utara itu terkait dengan jabatan Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 mendampingi Agus Suparmanto yang baru dilantik pada 22 Oktober 2019 lalu.

Jerry Sambuaga menyebutkan dirinya mendapatkan arahan dari Presiden Jokowi tentang beberapa hal yang krusial dan strategis terkait perjanjian Internasional dan perdagangan Internasional, termasuk memberdayakan serta mengotimalkan kebijakan-kebijakan yang bisa membuat Indonesia memiliki bargaining power di kawasan regional dan Internasional.

“Secara spesifik, bapak Presiden memberikan arahan mengenai penyelesaian perjanjian internasional yang selama ini belum selesai,” kata Jerry memberi penyataan kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jumat (25/10/2019)

Kiprah politik pria yang lahir 2 Juli 1985 ini yang juga anak dari mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Pemukiman Indonesia, Theo Sambuaga terbilang gemilang. Sejumlah jabatan politik yang dipercayakan kepadanya diantaranya Wakil ketua Umum DPP AMPI, Wakil Sekjen DPP Partai Golkar dan Jabatan Ketua Departeman Pemenangan Pemilu DPP Golkar untuk wilayah Sulut dan Gorontalo.

Sebelum menduduki kursi legislatif di gedung Senayan Jakarta dari Partai Golkar daerah pemilihan Sulawesi Utara, Jerry sempat dipercayakan sebagai Staf Ahli Ketua DPR RI sejak tahun 2008.

Generasi muda Sulut bergelar Doktor Ilmu Politik Universitas Indonesia, Master of International Affairs in Internasional Security Policy di Colombia University of Fransisco, Amerika Serikat itu mengajar di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Jerry yang sempat diisukan maju sebagai bakal calon Walikota Tomohon, pernah menjabat staf Umum Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata (KIPS) tahun 2005 pada Direktorat KIPS Departeman Luar Negeri Republik Indonesia. Tugasnya dalam jabatan tersebut melakukan riset dan eksplorasi terkait isu terorisme, keamanan Internasional dan isu pertahanan dan staf politik dalam divisi politik di perutusan tetap Republik Indonesia untuk PBB yang menjalankan tugas penjaga perdamaian dan resolusi konflik.

2007, Jerry Sambuaga terlibat dalam riset mengenai masalah konflik territorial, pertahanan, keamanan, terorisme dan militer di wilayah Asia Tenggara dengan ASEAN Regional Forum (ARF) di Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020